Sukses

Lifestyle

11 Platform Telemedicine Gratis Mulai Hari Ini, Ketahui Apa Saja yang Bisa Kamu Dapatkan

Fimela.com, Jakarta Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang tidak bergejala dan bergejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah maupun karantina terpusat di pusat isolasi. Tak perlu khawatir, walau isoman pasien akan tetap mendapatkan konsultasi dan obat gratis dari layanan telemedicine.

Layanan telemedicine ini sudah mulai berlaku pada Selasa, 6 Juli 2021. Di 11 aplikasi yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

“Kemenkes bekerjasama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan jasa pengiriman obat secara gratis. Dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan Kementerian Kesehatan,” kata Menkes saat Konferensi Pers secara virtual, Senin (5/7).

Selain obat, ada juga vitamin yang akan diberikan untuk pasien Covid-19. Melansir Liputan6.com, menurut Ketua Komite Penanganan COVID-19 Bidang Farmasi, Prof Dr Apt Keri Lestari M Si, pemberian obat dan vitamin akan terbagi menjadi dua paket, untuk pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan.

Paket untuk pasien COVID-19 kategori OTG, kata Keri, berisikan vitamin atau suplemen saja. Sedangkan yang gejala ringan, akan ada tambahan obat sesuai gejala yang dialami pasien.

"Berdasarkan guidline yang saya dapat, pasien yang menggunakan layanan telemedicine itu akan dapat seperti vitamin atau multivitamin, obat antibiotika, parasetamol, sama antivirus. Ini yang gejala ringan. Untuk OTG, paketnya hanya vitamin seperti vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan zink," ujar Keri kepada Liputan6.com.

Caranya, pasien dapat berkonsultasi secara online dengan video call melalui aplikasi telemedicine, kemudian akan diberikan obat dan vitamin yang memang obat tersebut bisa didapat di jejaring Kimia Farma. Telemedicine gratis bagi pasien COVID-19 juga membantu dalam menurunkan bed occupation ratio (BOR) di rumah sakit.

"Dengan adanya layananan seperti ini, tidak semua pasien COID-19 harus ke rumah sakit. Cukup isoman di rumah, pasien dapat berkonsultasi secara online" tambah Keri.

Adapaun 11 platform telemedicine antara lain:

1. Alodokter, https://bit.ly/alodokter-isoman

2. GetWell, https://play.google.com/store/apps/details?id=id.paquesid.getwell

3. Good Doctor, https://gooddoctor.onelink.me/Cmiw/efeba7ae dan GrabHealth, https://grab.onelink.me/2695613898/fe73b8c5

4. Halodoc, Bit.ly/isoman_halodoc

5. KlikDokter, https://bit.ly/kd-kemenkes-isoman

6. KlinikGo, https://klinikgo.com/isoman

7. Link Sehat https://link.linksehat.com/mRMf

8. Milvik Dokter, https://milvik.id/about-us/

9. ProSehat, https://prosehat.com/wa

10. SehatQ, https://sehatqapp.onelink.me/bgzy?pid=kemenkes&c=sqkemenkes&deep_link_value=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Ftelemed&af_web_dp=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Ftelemed&af_dp=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Ftelemed

11. YesDok, https://bit.ly/ISOMAN-YesDok

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading