Mencintai Berlebihan dalam Hubungan Cinta Itu Berbahaya, Ini Kata Ahli

Vinsensia Dianawanti14 Jul 2021, 13:30 WIB
Diperbarui 14 Jul 2021, 13:30 WIB
tangan pasangan cinta

Fimela.com, Jakarta Mencintai seseorang adalah perasaan indah yang kita alami. Dengan harapan cintanya terbalaskan dan akhirnya kedua sejoli ini bisa saling mencintai dan menjalin hubungan cinta. Namun di balik hubungan cinta yang baik dan buruk, salah satu faktor penting untuk langgeng adalah keseimbangan.

Lalu apa jadinya jika kamu mencintai seseorang dengan berlebihan dalam sebuah hubungan cinta?

Kembali lagi bahwa hubungan cinta adalah tentang keseimbangan komitmen, keseimbangan keinginan dan keseimbangan cinta. Dibutuhkan kerja sama dari dua orang yang terlibat untuk bisa bahagia.

Sejumlah ahli percintaan pun menjelaskan seperti dikutip dari Elite Daily bahwa hidup dan cinta itu rumit dan terkadang itu bisa terjadi. Hal-hal yang awalnya baik-baiknya, pada akhirnya kamu akan mulai merasa seakan kamu memberi lebih banyak untuk hubunganmu dari pasanganmu. Hingga akhirnya kamu akan mempertanyakan "Apakah aku mencintainya melebihi dia mencintai aku?

Kata ahli

pasangan cinta
ilustrasi pasangan cemburu/Photo by Seth Reese on Unsplash

Ini bukan bicara tentang perhitungan. Namun ahli hubungan Alexis Nicole White mengatakan bahwa kamu yang berulang kali dikecewakan oleh cinta akan berusaha mencari seseorang yang bisa mempertahankan hubungan jangka panjang. Kerap kali mengabaikan seberapa besar cinta yang pasangan punya untukmu.

Cara pandang lain diungkapkan oleh dr. Lesliebeth Wish, seorang psikoterapis klinis yang mengatakan bahwa terkadang kita merasa lebih mencintai pasangan lebih dari pasangan mencintai kita karena ada perbedaan cara mengekspresikan perasaan. Bisa jadi, memberi hadiah cara kamu mengungkapkan cinta yang besar pada pasangan. Namun lain halnya dengan pasangan yang memiliki menghabiskan waktu bersama, meski tidak melakukan apapun, sudah lebih dari cukup.

Untuk menganalisa pasti apakah rasa mencintaimu lebih besar dari pasangan adalah berakar pada saling menghormati, kejujuran, dan keintiman. Jika kamu adalah satu-satunya orang yang berusaha untuk membuat yang lain bahagia, itu bukan keseimbangan.

Bukan hubungan cinta yang sehat

"Itu tidak sehat karena lamanya sebuah hubungan tidak memperkuat kualitas hubungan. Orang-orang berhak dalam hubungan sehat, yang dapat menghasilkan dan produktif," kata White.

Pahami bahwa mencintai seseorang berlebihan, bahkan melebihi diri sendiri bisa sangat berbahaya. Kamu berhak mendapatkan seseorang yang lebih dengan perasaan cinta yang lebih setara.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓