Sukses

Lifestyle

5 Alasan Pengalaman Patah Hati Bukanlah Hal yang Memalukan

Fimela.com, Jakarta Tidak ada hati yang baik-baik saja ketika mengalami pengkhianatan, perselingkuhan, perpisahan, pengabaian, dan perpecahan. Patah hati bisa membuat seseorang hancur. Bahkan bisa membuat seseorang kehilangan harapan untuk melanjutkan hidup.

Tiap perempuan pernah patah hati dan terluka pada masanya. Pengalaman patah hati semestinya bukanlah hal yang memalukan. Kita pernah terluka dan hancur, itu memang bukan pengalaman yang menyenangkan tapi tak perlu merasa insecure karena pernah mengalami kepahitan itu. Setiap pengalaman patah hati selalu menghadirkan hikmah tersendiri.

1. Bekas Luka Patah Hati Menjadi Bukti Perjuangan Diri

Stab the body and it heals, but injure the heart and the wound lasts a lifetime. - Mineko Iwasaki

Ya, hati yang yang tersakiti dan terluka mungkin tak akan pernah benar-benar sembuh. Bahkan pengalaman patah hati yang ada bisa meninggalkan luka seumur hidup. Namun, dari bekas luka itu kita akan senantiasa diingatkan bahwa kita pernah berjuang. Kita pernah memperjuangkan sesuatu. Walau tidak berakhir sesuai harapan, tapi kita menyadari bahwa kita punya kekuatan dalam diri yang luar biasa. Bahkan kenyataan bahwa kita bisa melewati masa-masa kelam dan penuh kesedihan itu membuktikan kita sebenarnya adalah perempuan kuat.

2. Pengalaman Patah Hati Tidak Membawa Kesialan

I’ve been heartbroken. I’ve broken hearts. That’s part of life, and its part of figuring out who you are so you can find the right partner. - Heidi Klum

Yang pernah patah hati tak selamanya terus bersedih. Yang pernah patah hati bukan berarti akan selalu tersakiti. Pengalaman patah hati semestinya tidak membawa kesialan. Saatnya untuk melihat pengalaman ini dari sisi yang lebih baik. Dari setiap pengalaman patah hati, kita bisa lebih bijak dalam berbagi hati dan mengatur ekspektasi saat membangun sebuah hubungan. Bahkan mungkin kita bisa makin dewasa setiap kali berhasil melewati masa-masa kelam patah hati itu. 

 

3. Lika-Liku Perjalanan Menemukan Cinta Selalu Dipenuhi Ujian

Has someone made you heartbroken? Then, why are you still thinking of him? - Debra K. Messer

Selalu saja ada ujian dan cobaan yang mewarnai perjalanan dan perjuangan kita menemukan cinta sejati. Dari pengalaman patah hati terpahit yang pernah kita dapatkan, kita makin menyadari bahwa setiap ujian dan cobaan akan menghadirkan kekuatan baru dalam diri. Maka dari itu, alih-alih berdoa untuk dimudahkan cobaan, kita memilih untuk berdoa agar lebih dikuatkan dalam menghadapi setiap ujian yang ada.

4. Pengalaman Patah Hati Bisa Meningkatkan Kedewasaan Diri

When your heart is broken, you plant seeds in the cracks and you pray for rain. - Andrea Gibson

Saat hatimu patah, kamu bisa menebar benih baru di retakan hati itu. Benih harapan bahwa akan ada hari-hari yang lebih baik ke depannya. Dari sini kamu akan lebih fokus untuk menata langkah-langkah baru untuk menyambut hari yan lebih indah. Ada kedewasaan diri yang lebih baik  lagi yang akan kamu dapatkan. Hatimu bisa lebih mudah lagi dalam membedakan mana yang benar-benar layak diperjuangkan dan mana yang memang sudah waktunya direlakan.

5. Setiap Kesedihan akan Senantiasa Dibarengi dengan Kebahagiaan Baru

I have lost and loved and won and cried myself to the person I am today. - Charlotte Ericksson

Tak perlu malu dengan pengalaman patah hati yang perlu dialami. Tak perlu merasa rendah diri dengan kegagalan cinta yang pernah dialami. Semua itu adalah bagian dari kehidupan dan perjuanganmu. Setiap kesedihan akan senantiasa dibarengi dengan kebahagiaan baru. Saatnya untuk berterima kasih dengan diri sendiri sudah berjuang dan bertahan hingga detik ini.

Semoga dirimu bisa menemukan dan mendapatkan cinta yang lebih baik. Bagi yang masih sedih karena patah hati yang dialami, take your time. Tak perlu merasa malu dengan kegagalan cinta atau pengalaman patah hati yang pernah kamu dapatkan karena itu adalah bagian dari perjalanan hidupmu yang berharga.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading