5 Perubahan Hidup yang Paling Terasa saat Semua Sahabatmu Sudah Menikah

Endah Wijayanti10 Jul 2021, 12:15 WIB
Diperbarui 10 Jul 2021, 12:15 WIB
menutup hati

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, lingkaran pertemanan kita biasanya akan mengecil. Mungkin istilah yang lebih tepat bukan mengecil, melainkan mengental. Sebab biasanya kualitas pertemanan menjadi hal yang lebih penting daripada kuantitas atau jumlah teman yang kita punya.

Sahabat yang kita punya bisa saja "cuma itu-itu saja". Lalu, satu per satu dari mereka pun menikah. Masing-masing dari mereka melangkah ke fase kehidupan yang baru. Saat semua sahabat dekatmu sudah menikah, pastinya akan ada sejumlah perubahan yang terjadi dalam hidupmu. Menjadi satu-satunya perempuan lajang di tengah lingkaran sahabat-sahabat yang sudah berumah tangga, pasti ada hal-hal yang tak lagi sama.

1. Makin Sulit Menentukan Waktu untuk Ketemuan

Ya, ini adalah hal yang paling terasa ketika semua sahabatmu sudah menikah. Sangat bisa dimaklumi sebab semua sahabatmu sudah punya prioritas dan kesibukan baru. Mereka punya peran baru sebagai istri, ibu, dan menantu dalam kehidupan rumah tangganya. Sehingga mereka perlu upaya yang lebih besar untuk membagi waktu dengan lebih baik.

2. Merasa Sulit Nyambung dengan Beberapa Topik Obrolan Baru

Saat berkumpul dengan sahabat-sahabatmu, ada banyak topik obrolan baru yang muncul. Topik-topik obrolan itu pun terasa asing bagimu, seperti seputar pengasuhan anak hingga konflik-konflik yang dihadapi dengan mertua. Sahabat-sahabatmu tak bermaksud mengabaikanmu, hanya saja kadang sulit untuk kembali berada dalam satu frekuensi obrolan jika tidak berada dalam spektrum pengalaman yang sama.

3. Kamu Mencoba Banyak Hal Baru Seorang Diri

perempuan sulung dan ekspektasi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/PRImageFactory

Tak ada yang salah dengan mencoba sesuatu yang baru seorang diri. Cuma ketika semua sahabat dekatmu sudah menikah dan sibuk dengan kehidupan baru baru mereka, rasanya tak mungkin untuk memaksa mereka selalu menemani kita. Maka, kita pun perlu membuat penyesuaian baru dengan memberanikan diri mencoba banyak hal baru seorang diri. Melakukan berbagai hal yang sebelumnya tak pernah dicoba seorang diri. Ini bukan hal buruk, justru bisa makin memperkaya pengalaman hidupmu sendiri.

4. Makin Menyadari bahwa Hidup Bukanlah Perlombaan

Pernikahan bukanlah soal perlombaan, begitu pula dalam menjalani kehidupan. Ketika sahabat-sahabat dekat sudah menikah, kamu mungkin akan merasa tertinggal atau terlambat. Namun, seiring berjalannya waktu kamu akan menyadari dan lebih memahami kenyataan bahwa hidup bukanlah perlombaan. Sahabat-sahabatmu menikah karena memang mereka sudah berada di waktu yang tepat untuk menikah. Sementara kamu mungkin saat ini masih harus mengurus hal-hal lain yang tak kalah pentingnya untuk hidupmu dan hidup orang-orang tercinta di sekitarmu.

5. Lebih Mensyukuri Hal-Hal Kecil yang Dilihat dan Dirasa

Karena lebih banyak waktu kini dihabiskan untuk diri sendiri dan dengan diri sendiri, kamu makin menyadari bahwa ada banyak hal berharga di dunia ini. Kamu makin mensyukuri hal-hal kecil yang kamu lihat dan rasa. Kamu makin menghargai setiap momen yang ada. Bahkan kamu pun ikut bersyukur dan bahagia saat melihat orang-orang terdekatmu bahagia.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, perubahan apa yang paling terasa ketika menjadi satu-satunya perempuan lajang di antara sahabat-sahabat yang sudah menikah? Semoga apa pun perubahan dan penyesuaian yang terjadi itu mendatangkan hal-hal yang lebih baik dalam hidupmu, ya.

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela