Sukses

Lifestyle

5 Kombinasi Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Fimela.com, Jakarta Selain harus mengonsumsi makanan yang seimbang dengan menentuka kandungan gizinya. Kita juga harus memerhatikan kombinasi makanan yang dipilih, karena ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan. Jika mengonsumsi makanan tertentu secara bersamaan bisa menyebabkan terhambatnya proses pencernaan dan penumpukan makanan pada lambung. Berikut ini adalah beberapa kombinasi makanan yang sebaiknya dihindari.

1. Dua makanan berprotein tinggi

Telur dan daging adalah makanan sarapan yang populer, tetapi kombinasi ini dapat dihindari. Kedua makanan ini tinggi protein dan terasa berat di perut. Butuh waktu lebih lama untuk mencerna keduanya. Jadi, pilihlah salah satu protein untuk dikonsumsi dan pilih makanan lainnya untuk pendamping seperti sayuran.

2. Jus jeruk dan susu

Susu membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan ketika mengonsumsi susu dengan lemon atau buah jeruk apa pun, karena susu akan menggumpal. Hal ini dapat menyebabkan gas dan panas terbakar. Beberapa orang juga tidak toleran laktosa, yang berarti mereka tidak dapat mencerna laktosa yang ada dalam susu.

3. Susu dan pisang

Kombinasi susu dan pisang itu berat dan butuh waktu lama untuk dicerna. Saat mengonsumsi bersamaan, akan membuat tubuh mengalami kelelahan. Jika dirimu suka minum banana milk shake, tambahkan sejumput kayu manis atau bubuk pala untuk melancarkan pencernaan.

4. Buah dengan makanan berat

Buah-buahan biasa dijadikan sevagai pencuci mulut setelah makan berat. Buah-buahan memang mudah dicerna oleh perut, tetapi makanan berat mungkin memerlukan lebih banyak waktu. Jadi, sampai makanan dicerna, buah juga ditahan dan mulai berfermentasi, sehingga tidak baik untuk kesehatan. Cobalah untuk menghindari makan buah-buahan segera setelah makan, atau paling tidak beri jeda 30 menit sebelum atau sesudahnya.

5. Keju dan minuman dingin

Meski terdengar menggoda, kombinasi ini tidak baik untuk kesehatan. Kita harus menghindari minum minuman dingin dengan makanan keju karena kombinasi tersebut dapat menyebabkan kesulitan dalam penyerapan. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan sakit perut.

Itulah beberapa kombinasi makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi secara bersamaan. Dan yang paling tepat, saat makan semua gizi harus seimbang, ada karbohidrat, protein, sayuran hijau dan perbanyak konsumsi air putih. Sangat penting sekali untuk menjaga makanan yang dikonsumsi karena sistem pencernaan memainkan peran yang sangat besar dalam metabolisme tubuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading