Sukses

Lifestyle

5 Cara Membuat Bolu Kukus Wangi Tidak Bau Amis

Fimela.com, Jakarta Banyak orang kini mulai tertarik mencoba bolu kukus sendiri di rumah. Ada banyak varian bolu kukus enak dan mudah yang bisa dicoba karena bahan-bahannya sederhana. Namun terkadang ada satu masalah yang sering dialami orang saat membuat bolu kukus, yaitu timbulnya bau amis sehingga tidak nikmat dimakan.

Hal ini terjadi karena beberapa alasan, begini cara mengatasinya.

1. Pilih telur yang segar

Pastikan menggunakan telur berkualitas bagus. Gunakan telur yang segar sehingga tidak menimbulkan bau amis saat diolah menjadi adonan. Telur yang sudah lama cenderung encer, pecah dan bau amisnya tajam.

2. Tambahkan vanili

Jangan lupakan memberi bahan tambahan vanili, baik bubuk maupun cair. Meskipun sedikit namun sangat ampuh menghilangkan bau amis telur atau memberikan aroma segar dan wangi pada bolu kukus.

3. Gunakan daun pandan

Tambahkan juga daun pandan karena aroma segarnya sangat efektif menghilangkan bau amis pada adonan. Cukup ambil dua lembar, remas-remas dan rebus bersama air atau santan yang ingin dicampurkan ke adonan. Bisa juga menggunakan pasta pandan jika tidak ada daun pandan segar.

4. Jangan gunakan telur

Jika resep bolu kukus bisa mengembang tanpa telur, akan lebih baik jika menghilangkan bahan telur ke dalam adonan. Gunakan bahan pengembang lain seperti baking powder, baking soda, maupun SP, Ovalet dan TBM untuk mencegah bau amis.

5. Tambahkan bahan beraroma wangi

Untuk menghilangkan atau mencegah bau amis, bisa juga menambahkan bahan-bahan beraroma khas seperti perasaan jeruk lemon, kayu manis atau jahe. Namun tentu saja penambahan bahan ini perlu dipertimbangkan dan disesuaikan kebutuhan karena bisa mengubah rasa bolu.

Itu doa seloam cara membuat bolu kukus yang tidak amis sehingga enak dinikmati. Semoga bermanfaat!

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading