Sukses

Lifestyle

7 Amalan Sunah sebelum Salat Idul Adha

Fimela.com, Jakarta Salat Id merupakan ibadah tahunan yang hanya berlangsung dua kali. Satu kali saat Idul Fitri di 1 Syawal sedangkan satunya saat Idul Adha yang jatuh pada 10 Zulhijah setiap tahunnya. Meski sama-sama salat Id, terdapat tradisi dan syariat yang berbeda antara salat Idul Adha dan Idul Fitri. Seperti yang dikutip dari laman Dream.co.id, berikut adalah amalan sunah sebelum melaksanakan salat Idul Adha.

Amalan Sunah sebelum Salat Idul Adha:

Amalan pertama yaitu mengumandangkan takbir mulai terbenam matahari 10 Dzulhijjah hingga imam naik mimbar untuk berkhutbah. Lalu, takbir juga dikumandangkan hingga tanggal 13 Dzulhijjah yang merupakan hari Tasyriq terakhir.

Amalan kedua, mandi besar sebelum sholat Id. Waktu mandi boleh pada malam atau pagi hari, namun yang paling utama yaitu sebelum berangkat ke tempat sholat Id. Tujuan mandi ini adalah membersihkan seluruh tubuh dari bau yang tidak sedap. Juga untuk membuat badan menjadi segar.

Ketiga, memakai wangi-wangian, memotong rambut dan kuku, serta menghilangkan bau-bau yang tidak sedap. Sebenarnya, amalan ini boleh dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu hari raya.

Tidak Makan Dahulu sebelum Salat Idul Adha

Keempat, mengenakan pakaian yang terbaik jika punya. Jika tidak ada, cukup mengenakan pakaian yang bersih dan suci.

Kelima, dianjurkan berangkat lebih awal. Dengan begitu bisa mendapatkan shaf paling depan sembari menunggu sholat Id dimulai.

Keenam, disunahkan tidak makan lebih dulu sebelum sholat Id. Amalan ini berbeda dengan Idul Fitri, yang disunahkan makan sebelum sholat Id sebagai penanda sudah tidak puasa. Pada Idul Adha, sunah tidak makan sebelum sholat Id karena akan menikmati lezatnya daging kurban setelahnya.

Ketujuh, sunah selanjutnya yaitu mengambil jalan yang berbeda antara datang dan pergi dari tempat sholat Id. Ini sama seperti anjuran setelah salat Idul Fitri.

Mengingat kita masih dalam suasana pandemi, bagi yang ingin melaksakan Salat Idul Adha agar tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan menggunakan masker, membawa peralatan salat sendiri, menjaga jarak saat salat, dan tidak bersalaman setelahnya serta menghindaru kerumunan. Atau jika bisa, alangkah baiknya jika salat Idul Adha dilakukan di rumah dengan keluarga dan kerabat terdekat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading