Sukses

Lifestyle

6 Cara Alami Menyimpan Daging Sapi agar Awet

Fimela.com, Jakarta Daging cenderung cepat rusak, karena kandungannya yang lembab, terutama jika disimpan di lingkungan yang hangat atau suhu ruangan hanya akan mendorong bakteri untuk tumbuh. Hindari menyimpan daging di mana saja pada suhu kamar. Ada beberapa jenis metode yang digunakan untuk memperpanjang kesegarannya. Pastikan saja daging yang dibeli berkualitas baik, segar, dan dalam kondisi baik.

Menyimpan Daging di Kulkas

Umumnya, suhu yang turun hingga 40 °F atau di bawahnya akan memperlambat pertumbuhan bakteri. Perhatikan, itu tidak menghentikan pertumbuhan bakteri. Di dapur, biasaya akan ada campuran sayuran, daging, unggas, dan lain-lain disimpan di lemari es yang sama. Jika semua tidak disimpan dengan benar, ini akan menyebabkan kontaminasi beberapa jenis makanan. Oleh karena itu, sebagai pencegahan, disarankan agar daging yang dibeli dikeringkan dengan handuk kertas. Gunakan cling wrap untuk membungkusnya atau cukup simpan di wadah sebelum disimpan di lemari es. Metode ini akan membuat daging tetap segar hingga 2 hari

Smoking Meat

Metode ini akan mengeringkan daging dari kelembapannya, sehingga menghilangkan faktor penting yang mendorong pertumbuhan bakteri dan memberikan hasil akhir warna yang lebih gelap dan rasa berasap. Daging asap tahan hingga seminggu di lemari es dan maksimal 2 bulan di dalam freezer.

Mengeringkan Daging

Secara tradisional dilakukan di bawah terik matahari saat musim kemarau. Sementara itu, beberapa negara melakukannya selama musim dingin di mana itu adalah waktu terkering mereka sepanjang tahun. Namun pada era komersial dilakukan dengan teknik pengeringan beku. Teknik pengasapan dan pengawetan dapat dikombinasikan dengan teknik pengeringan untuk meningkatkan cita rasa daging kering.

 

Pengasinan atau Pengawetan Daging

Metode dasarnya adalah memasukkan garam konsentrasi tinggi yang digunakan untuk mengasinkan daging mentah untuk mengurangi kadar air melalui proses osmosis dan juga meningkatkan rasa daging. Metode ini dapat dikombinasikan dengan pengeringan atau pengasapan. Jika daging yang diasinkan atau diawetkan yang dibeli langsung dari peternakan, lakukan penghilangan garam pada daging sebelum dimasak.

Drying Meat

Daging yang diproses dengan radiasi untuk membunuh bakteri patogen pada daging, sehingga mensterilkan daging. Menurut FDA, metode ini memperpanjang umur simpan daging, dan semua makanan yang dimakan oleh astronot di luar angkasa diperlakukan dengan radiasi.

Membekukan Daging

Bungkus daging dengan baik dengan cling wrap atau simpan dalam wadah yang dapat dibekukan untuk mencegah daging mengering. Cara ini harus dilakukan secepat mungkin untuk mencegah terbentuknya kristal es berukuran besar. Lelehkan daging selambat mungkin untuk mencegah hilangnya kelembaban berlebihan yang akan mempengaruhi rasa dan nilai gizi daging.

Nah, berikut tadi adalah beberapa metode yang dapat menjaga daging dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading