Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengatasi Sakit Hati setelah Putus Cinta

Fimela.com, Jakarta Tidak dimungkiri bahwa banyak orang yang mengalami kesepian setelah putus cinta. Jika biasanya dirimu memiliki pasangan yang selalu mengabarimu, menjadi tempat berbagi dan melakukan banyak hal bersama, kemudian tiba-tiba hubunganmu dengan pasanganmu berakhir, maka hal yang wajar jika dirimu kemudian merasa kesepian. Kesepian memang bersifat sementara, namun jika berlebihan dan tidak diatasi akan menyebabkan seseorang merasa stres bahkan depresi. Berikut tips untuk mengatasi patah hati setelah putus cinta agar menjadi orang yang lebih positif.

1. Jangan menyendiri

Kesepian adalah perasaan dan itu merupakan interpretasi dari situasi yang kamu rasakan. Jadi jika dirimu mencoba mengubah situasinya, maka perasaanmu juga akan berubah. Jadi idenya adalah, buatlah dirimu agar tidak menyendiri. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan, seperti mengerjakan hobi, jalan-jalan, bermain dengan keluarga dan sebagainya. Dengan begitu, dirimu tidak akan fokus pada kesepian yang menyelimuti pikiranmu karena teralihkan oleh hal yang lain.

2. Katakan hal yang positif pada diri sendiri

Tidak apa-apa jika putus cinta membuatmu menjadi bingung, marah, kecewa, terluka, dan menangis, itu semua perasaan yang normal dan semua orang memiliki hal itu. Tetapi yang terpenting, bersikaplah baik kepada dirimu sendiri dan jangan biarkan perasaan negatif menguasaimu. Katakanlah hal-hal positif pada dirimu sendiri, bahwa kamu adalah orang yang luar biasa, layak untuk dicintai, mandiri dan sebagainya. Itu akan jauh membuatmu lebih tenang.

3. Bercerita pada orang lain

Saat seeorang merasa kesepian, sebenarnya yang ia butuhkan hanyalah teman untuk berbicara. Diirmu bisa menghubungi keluarga atau teman terdekat yang dipercaya dan ceritakan semua perasaanmu keada mereka. Jika dirimu merasa malu atas masalah yang kamu alami, percayalah secara harfiah semua orang tahu rasanya kesepian dan pasti memiliki pengalaman dengan hal tersebut, mereka pasti akan dengan senang hati membantumu terbebas dari kesepianmu.

4. Berdoa

Berdoa adalah cara paling sederhana untuk mengatasi kesepian. Saat dirimu berada dalam masa-masa sulit, percayalah hal ini akan membuatmu menjadi jauh lebih kuat. Mintalah pertolongan pada tuhan agar dirimu diberi kekuatan. Terkadang di saat mengalami masa-masa sulit, kekuatan spiritual adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan.

5. Memaafkan diri sendiri

Sebelum berdamai dengan orang lain, maka kamu harus terlebih dahulu untuk berdamai dengan diri sendiri. Memaafkan diri sendiri atas kesalahan atau atas kegagalan adalah cara positif untuk mengembalikan semangat setelah patah hati. Karena biasanya saat patah hati seseorang rentan menyelahkan dirinya sendiri. Jadi maafkanlah semua kesalahanmu dan mulailah dengan lembar hidup yang baru.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi patah hati. Meski terasa berat, patah hati itu hanya perasaan, yang mudah berubah dan bisa hilang kapan saja. Kamu hanya perlu menguatkan hati untuk melepaskannya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading