5 Tips Mencegah Rayap pada Furnitur secara Alami Tanpa Pestisida yang Berbahaya

Imelda Rahma20 Jul 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 20 Jul 2021, 14:15 WIB
Interior Kamar

Furnitur kayu memang dianggap lebih unggul dibanding dengan furnitur berbahan plastik atau besi. Selain itu, furnitur kayu juga membuat tampilan di dalam rumah semakin terlihat lebih menarik dan elegan.

Namun, di balik semua keunggulan tersebut, ada satu hal yang mengancam kemegahan furnitur kayu. Ancaman tersebut tidak lain adalah rayap. Rayap adalah serangga atau hama kecil bertubuh lunak pucat yang juga dikenal sebagai serangga perusak kayu.

Untuk bertahan hidup, rayap membutuhkan selulosa dan rumah kamu memiliki berbagai produk yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidupnya seperti furnitur kayu, kotak kayu, pintu kayu, dan lain sebagainya.

Untuk mencegah rayap pada furnitur, berikut Fimela.com akan mengulas 5 tips mencegah rayap pada furnitur secara alami tanpa pestisida yang berbahaya. Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Mencegah Kelembapan

Cegah Kelembapan
Ilustrasi Interior Rumah Credit: pexels.com/Max

Cara mencegah rayap pada furnitur yang pertama dengan menjaga agar furnitur kayu tidak lembap. Kelembapan dan rayap saling berkaitan. Maka dari itu, pencegahan nomor satu untuk melindungi furnitur kayu dari rayap adalah menjaganya tetap bebas kelembapan. Alasannya adalah bahwa kadar air dapat mengundang rayap.

Hindari penggunaan air atau jenis cairan pembersih atau larutan lain untuk membersihkan furnitur kayu. Kamu bisa menggunakan kain kering berbahan lembut atau microfiber untuk membersihkan debu dan membersihkan produk furniture kayu.

Terkadang menjemur furnitur juga bekerja terutama sebelum dan sesudah musim hujan.

Menggunakan Perawatan Minyak

Perawatan Minyak
Ilustrasi Perawatan Minyak Credit: pexels.com/Yan

Cara mencegah rayap pada furnitur yang kedua dengan menggunakan minyak. Gunakan minyak pada furnitur kayu untuk melindungi dari pertumbuhan rayap. Perawatan permukaan furnitur kayu dengan minyak esensial melindunginya dari rayap.

Beberapa minyak dapat bekerja sebagai pada furnitur kayu sebagai perlindungan terhadap rayap antara lain adalah minyak neem, minyak cengkeh, minyak vetiver, minyak zaitun, minyak jeruk dan lain-lain. Minyak ini menghambat pertumbuhan rayap atau membunuh koloninya.

Oleskan campuran minyak zaitun dan cuka putih pada furnitur sebagai perlindungan terhadap rayap karena cuka dapat mengusir rayap. Kamu bisa menggunakan botol semprot untuk mengoleskan minyak dengan mudah pada furnitur.

Perlindungan Sinar Matahari

Perlindungan Sinar Matahari
Ilustrasi Interior Rumah Credit: pexels.com/Skitterphoto

Cara mencegah rayap pada furnitur yang keempat yaitu dengan menggunakan sinar matahari. Rayap tidak dapat bertahan hidup di bawah sinar matahari dan itulah mengapa matahari bisa menjadi solusi dalam hal ini.

Tempatkan furnitur kayu di bawah terik sinar matahari pada hari musim panas sehingga kelembapan furnitur akan menguap sekaligus untuk mengatasi rayap.

Memoles Kayu

Poles Kayu
Ilustrasi Interior Kamar Credit: pexels.com/Charles

Cara mencegah rayap pada furnitur yang kelima dengan memoles kayu. Poles produk furnitur kayu secara berkala sebagai perawatan rutin, atau sewa tukang kayu untuk melakukannya. Untuk perlindungan yang lebih baik, gunakan cat dengan sifat tahan rayap untuk furnitur kayu.

Kamu dapat mempertimbangkan pernis berbahan dasar minyak sebagai lapisan pelindung. Dengan poles bulu yang keras dan glossy membantu melindungi dan mengawetkan kayu dari serangan rayap.

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya
Ilustrasi Lidah Buaya Credit: pexels.com/Himesh

Cara mencegah rayap pada furnitur yang berikutnya dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya dapat digunakan untuk melindungi furnitur kayu dari rayap. Gel tersebut menciptakan lapisan penghalang yang tidak akan dilintasi rayap. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh furnitur kayu.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela