5 Hal Sederhana yang Perlu Dilakukan sebelum Tidur agar Bahagia

Baiq Nurul Nahdiat24 Jul 2021, 10:45 WIB
Diperbarui 24 Jul 2021, 10:45 WIB
Hal Sederhana yang Perlu Dilakukan sebelum Tidur agar Bahagia

Fimela.com, Jakarta Tak terlalu sulit untuk bisa hidup bahagia, bahkan ada beberapa hal sederhana yang perlu dilakukan sebelum tidur agar bahagia. Tetapi ini butuh pembiasaan agar kita tak lupa melakukannya. Hal ini mungkin terlihat sederhan tetapi sangat besar manfaatnya. Tak hanya itu saja, kamu juga akan merasa lebih baik saat bangun di pagi hari setelah melakukan hal sederhana ini. Berikut ini adalah hal sederhana yang perlu dilakukan sebelum tidur agar bahagia.

1. Luangkan waktu untuk beryukur

Luangkan waktu sebentar untuk latihan syukur. Studi menunjukkan bahwa rasa syukur membantumu merasa lebih optimis dan mengurangi stres dan kecemasan. Meluangkan beberapa menit untuk menuliskan apa yang disyukuri sebelum tidur memfokuskan otak pada pikiran positif dan membuatnya lebih sulit untuk terjebak dalam siklus daftar panjang hal-hal yang membuat saya stres.

2. Berbocara denga orang yang disayang

Sebagai makhluk sosial, kita butuh berkomunikasi dengan orang lain. Jadi, tak ada salahnya untuk beberapa saat sebelum tidur berbicara dengan orang terkasih, seperti pasangan, anak, dan orangtua, atau menelepon saat mereka jauh. Berbicara dengan orang tersayang dan berkeluh kesah tenteng apa pun terbukti bisa mengurangi stres dan beban pikiran.

3. Tuliskan apa pun yang perlu diingat

Hal Sederhana yang Perlu Dilakukan sebelum Tidur agar Bahagia
ilustrasi perempuan menulis/Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Simpanlah buku catatan kecil di dekat kasur, dan cobalah tuliskan hal-hal menarik atau apa pun yang diingat. Ini mungkin pengingat untuk memesan sepatu baru untuk anak, jadwal menelepon orangtua, atau ilmu yang didapat pada hari itu. Saat menuliskan hal yang harus dilakukan atau pengingat, dirimu memberikan izin kepada otak untuk berhenti memikirkannya karena sekarang mereka ada di suatu tempat dan tidak akan terlupakan.

4. Lakukan sesuatu untuk diri sendiri

Mandi air hangat, minum teh favorit, baca sedikit dari buku yang disukai atau apa pun yang membuatmu merasa sangat baik. Tidak harus rumit atau memakan banyak waktu, buat saja sesuatu yang menyehatkanmu. Tetapi, usahakan untuk menjauhkan peralatan elektronik yang dapat mengganggu kualitas tidurmu.

5. Memaafkan diri sendiri atas kesalahan

Hal Sederhana yang Perlu Dilakukan sebelum Tidur agar Bahagia
ilustrasi perempuan tidur/copyright by Travelpixs (Shutterstock)

Tanpa disadari kita sering berlaku tidak adil pada diri sendiri, saat gagal atau tak mampu melakukan sesuatu sebagaimana mestinya kita kerap menyalahkan diri sendiri. Jadi, pentinh untuk mengingat kesalahan yang dilakukan dan memaafkannya. Dengan begitu, pikiran akan lebih jernih dan dirimu juga akan merasa lebih nyaman saat beraktivitas keesokan harinya.

Ini memang hal yang mudah dilakukan tetapi butuh pembiasaan karena kita sering terlewat melakukannya. Terkadang, kita terlalu sibuk dengan hal-hal di luar diri kita, sehingga lupa untuk melakukan hal sederhana seperti ini untuk membahagiakan diri.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela