5 Tips Menyenangkan Memotivasi Diri Selama Belajar dari Rumah

Gayuh Tri Pinjungwati24 Jul 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 24 Jul 2021, 16:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Sejak pandemi dimulai, kembali ke sekolah tampaknya masih menjadi pertimbangan. Sekolah telah mengadopsi modul belajar online dan siswa telah mengambil kelas online di tengah pandemi COVID-19. Belajar di rumah bisa menjadi tantangan karena dirimu dihadapkan dengan banyak gangguan. Dirimu menemukan tugas-tugas lain yang berlebihan dan sebagian besar harimu sibuk dengan pekerjaan rumah atau tidur, menonton tv dan makan. Di tengah semua gangguan ini, dirimu akhirnya kehilangan motivasi dan mulai menunda-nunda selama berhari-hari. Berikut beberapa tips mencari motivasi saat belajar dari rumah.

Buat Rutinitas

Langkah pertama adalah membuat rutinitas yang ketat dan menaatinya. Jangan sampai kehilangan fokus dan pastikan dirimu mengikuti rutinitas tersebut hingga menjadi kebiasaan. Buat jadwal dan tentukan slot waktu tertentu untuk belajar di siang hari.

Tidur Siang Hanya Jika Diperlukan

Tidur siang bisa sangat menggoda dan mudah menyerah. Lawan keinginan untuk tidur di siang hari dan manfaatkan waktu itu untuk belajar. Lakukan tidur siang di sela-selanya hanya saat dibutuhkan, ini akan memberi energi dan menyegarkan pikiranmu untuk kembali dan belajar lebih lama.

Buat Zona Belajar yang Ditunjuk

Dengan melakukan ini, dirimu akan menyalurkan semua gangguan di rumah. Buat zona tertentu di rumah di mana fokusmu berada di puncak. Dirimu dapat menghindari gangguan dan memanfaatkan waktu secara produktif.

Berkomunikasi dengan Teman

Single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/kitsune05

Tetap berhubungan dengan teman sekelasmu, tindak lanjuti pekerjaan rumah yang dirimu lewatkan. Dirimu akan termotivasi melalui mereka dan dengan mencatat apa pun yang kamu lewatkan.

Hindari Multitasking

Saat belajar, pastikan dirimu hanya melakukan satu tugas pada satu waktu dan fokus pada belajar daripada mengambil banyak tugas di rumah. Hindari multitasking dan pastikan dirimu membagi pekerjaanmu sesuai dengan slot waktu tertentu.

Nah, berikut tadi adalah tips agar dirimu fokus dengan pembelajaran di rumah. Ini juga bisa berlaku bagi merek yang bekerja dari rumah.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela