Terlalu Overthinking, Ini 5 Cara Sederhana untuk Mengatasinya

Gayuh Tri Pinjungwati27 Jul 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 27 Jul 2021, 09:15 WIB
karakter zodiak

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar dari kita telah mengadopsi self-talk negatif dan mengembangkan pola berpikir berlebihan. Mematahkan pola ini dan keluar dari rantai pikiran negatif tampak seperti tugas yang mustahil tetapi dapat dicapai dengan mempraktikkan self-talk positif dan berbagai metode lainnya.

Memutar ulang peristiwa masa lalu, menganalisis setiap situasi, hanya memikirkan kemungkinan hasil terburuk dari sebuah skenario adalah beberapa tanda dari pembicaraan diri yang negatif dan pemikiran yang berlebihan. Pikiran-pikiran ini dapat menguras emosimu dan membuatmu tidak dapat menikmati momen dan pengalaman dalam kehidupan sehari-harimu. Ini dapat mengalihkan perhatianmu dari masa kini, menguras energi dan membuatmu merasa cemas dan tertekan sepanjang waktu. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi masalah ini dan menyelesaikannya untuk selamanya.

Berikut adalah 5 cara yang berguna untuk menghentikan dirimu dari memiliki pikiran negatif dan mengatasi siklus overthinking.

Latih Pembicaraan Diri yang Positif

Ganti pikiran negatifmu dengan hal positif. Tantang pikiran negatif, kenali pola perilakumu dan jadikan titik untuk melepaskan energi negatifmu dengan paksa. Berpikir baik, merasa baik dan berbuat baik. Terus salurkan kata-kata positif dalam pikiranmu sampai menjadi kebiasaan.

Hindari Lingkungan Negatif dan Beracun

Kenali hal-hal atau orang-orang yang membawa hal negatif dalam hidupmu dan hentikan. Adalah normal untuk merasa cemas di sekitar seseorang dengan siapa kamu tidak nyaman. Jika ada sesuatu yang mengganggu ketenangan mentalmu, gantilah dan berikan ruang untuk hal positif dalam pikiranmu.

Berhentilah Mengasihani Diri Sendiri

perempuan sedih
Ilustrasi/copyright shutterstock/miya227

Berhentilah mengorbankan diri sendiri dalam setiap situasi dan berhenti mengasihani diri sendiri karena ini akan meningkatkan rasa mengasihani diri sendiri. Sebaliknya, perbaiki kesalahanmu sendiri dan mulai dari awal. Tidak apa-apa untuk merasa sedih dan rendah, adalah normal untuk melewati kesulitan dan tidak apa-apa untuk membuat kesalahan. Keberanian sejati terletak pada memulai dari awal dan memulai dari awal dengan keadaan pikiran yang positif.

Bicaralah

Jangan menyimpan perasaan dan pikiran di dalam dirimu. Bagikan pemikiranmu dengan seseorang yang kamu percayai karena ini akan membuatmu merasa lebih baik. Ini akan membuatmu merasa bukan hanya kamu yang menderita, masih banyak lagi yang mungkin memiliki masalah yang sama denganmu. Jadi, bagikan, ekspresikan, dan ungkapkan jika memungkinkan.

Hidup di Saat Ini

Last but not least, hiduplah di saat ini dengan mempraktikkan rasa syukur dan meditasi. Sadarilah pentingnya setiap momen yang berlalu. Dengan memprediksi masa depan atau meresahkan masa lalu, dirimu akan kehilangan momen yang kamu jalani sekarang dan menyesalinya nanti. Pikirkan tentang masa kini dan belajarlah dari masa lalu dan berhentilah mengkhawatirkan masa depan.

Nah, berikut tadi adalah beberapa cara yang dapat membantumu untuk berhenti memikirkan hal-hal negatif yang belum tentu benar dan terjadi.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓