Penelitian Membuktikan, Mampu Mengendalikan Diri Tanda IQ-mu Tinggi

Febi Anindya Kirana26 Jul 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 26 Jul 2021, 16:45 WIB
perempuan cerdas

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Ada orang yang perlu diasah otaknya sehingga punya kecerdasan yang tinggi dan ada pula orang yang secara alami memiliki kecerdasan yang tinggi.

Ada banyak tanda yang bisa dilihat dari seseorang yang punya IQ tinggi, bukan hanya pintar secara akademik namun juga dari kebiasaan sederhana dalam sehari-hari, salah satunya adalah kemampuan menahan diri.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Psychological Science menemukan bahwa seseorang yang memiliki kemampuan dalam menahan diri (self-control) merupakan tanda ia memiliki kecerdasan yang tinggi.

Punya self-control tanda kamu cerdas

perempuan cerdas
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Look Studio

Penelitian yang dilakukan di Yale University tahun 2009 ini menjelaskan bahwa orang-orang yang terbiasa melatih dirinya untuk menahan diri, baik dikatakan secara lantang maupun di dalam pikiran ternyata memiliki IQ tinggi dibandingkan orang yang terbiasa impulsif atau tak punya kendali diri yang baik.

Para peneliti menguji para partisipan studi dengan tes IQ dan membuat mereka memilih menerima sejumlah uang yang diberikan saat itu juga atau menundanya namun mendapat jumlah yang lebih banyak. Hasilnya, orang-orang yang memilih menahan diri memiliki hasil tes IQ lebih tinggi dibandingkan yang impulsif atau menginginkan uang saat itu juga.

Peneliti menilai bahwa orang-orang yang memiliki kendali diri yang baik sebenarnya memiliki fungsi otak yang lebih baik, terutama dalam mempertimbangan baik buruknya sesuatu. Mereka lebih baik dalam mengambil keputusan dan itu menunjukkan bahwa ia memiliki pemikiran matang sebelum membuat pilihan.

Jadi jika kamu punya self-control yang baik selama ini, itu tanda kamu punya IQ yang tinggi Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela