Sukses

Lifestyle

Kolaborasi Grab dan Emtek Group Dorong Transformasi Digital UMKM

Fimela.com, Jakarta Grab baru saja mengumumkan kolaborasi strategis bersama Emtek Group, salah satu perusahaan teknologi, telekomunikasi, dan konglomerat media di Indonesia. Lewat kolaborasi ini, kedua perusahaan berencana memanfaatkan luasnya jangkauan dan kekuatan unik dari masing-masing ekosistem untuk mencapai dua tujuan utama.

Pertama adalah mendorong percepatan digitalisasi dan menciptakan lebih banyak peluang pendapatan bagi jutaan wirausahawan di Indonesia. Kedua adalah menghadirkan layanan digital yang lebih terjangkau dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama di wilayah dengan tingkat digitalisasi yang masih rendah.

Kolaborasi akan mengutamakan sektor logistik dan e-commerce, pelayanan keuangan, telemedicine, periklanan, media digital, dan produk digital untuk kios atau warung tradisional. Emtek Group telah berinvestasi sebesar 375 dolar AS di Grab, sedangkan Grab sendiri juga telah merampungkan investasinya ke Emtek Group.

 

 

Grab X Emtek Group

Prioritas utama dari kolaborasi ini adalah memperluas digitalisasi hingga ke tingkat kabupaten di Indonesia. Sebanyak 99% dari bisnis di tanah air adalah UMKM, tapi baru 21% yang memiliki akses digital

Untuk itu, Grab dan Emtek Group juga akan menghadirkan Festival Kota Mapan pertama, yang akan diselenggarakan di Solo pada bulan September 2021 mendatang. Festival ini menargetkan 1000 UMKM dan fokus pada program dukungan terintegrasi yang akan meningkatkan kapabilitas UMKM lewat program pelatihan yang dikurasi dan solusi teknologi yang dikostumisasi.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI Teten Masduki menyebutkan bahwa UMKM memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk inovatif dan berkualitas. Menurutnya, ada peluang besar meningkatkan skala bisnis UMKM lewat transformasi digital, sehingga pemerintah menargetkan 30 juta UMKM bertransformasi ke digital pada tahun 2024.

Grab X Emtek Group

Grab bermitra dengan Bukalapak untuk menyediakan berbagai layanan, seperti pengantaran instan dan same-day lewat GrabExpress, serta produk digital GrabKios seperti isi ulang pulsa di platform Mitra Bukalapak bagi pemilik kios di 500 kota. Grab dan Emtek Group juga menjajaki peluang investasi dan membimbing perusahaan start-up Indonesia lewat KMK Online dan Grab Ventures Velocity.

Minggu lalu, Grab dan platform Vidio juga merilis penawaran paket GrabFood dengan voucher diskon Vidio Premier Platinum untuk 30 hari yang bisa didapatkan di aplikasi Grab. Kolaborasi ini adalah bentuk saling memanfaatkan keunikan masing-masing perusahaan untuk tidak hanya memberdayakan pelaku UMKM, tapi juga menghadirkan lebih banyak solusi digital guna mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading