5 Hal yang Terjadi saat Tetap Menebar Kebaikan meski Gaji Pas-pasan

Endah Wijayanti27 Jul 2021, 13:35 WIB
Diperbarui 27 Jul 2021, 14:09 WIB
perempuan dan tabah

Fimela.com, Jakarta Memiliki gaji pas-pasan atau penghasilan yang masih belum seberapa memang harus membuat kita memutar otak lebih keras agar bisa mencukupi semua kebutuhan yang ada. Apalagi jika kita masih punya tanggungan atau kewajiban untuk membantu meringankan beban finansial keluarga, maka sungguh tidak mudah untuk membagi prioritas yang ada. Meski begitu, gaji pas-pasan bukan halangan untuk tetap menebar kebaikan.

Ada banyak hal baik yang bisa terjadi saat kita memutuskan untuk tetap menebar kebaikan di tengah gaji yang masih pas-pasan. Sedikitnya penghasilan atau gaji yang kita punya bukanlah penghalang untuk tetap bisa berbagi dan melakukan sesuatu untuk orang lain. 

1. Kebahagiaanmu akan Berlipat Ganda

Tiap kali kita membuat orang lain bahagia, saat itu juga kita mendapatkan kebahagiaan yang lebih banyak. Melihat orang lain tersenyum dan bahagia bisa membuat hati kita terasa lebih ringan dan lapang. Kebahagiaan kita akan berlipat ganda. Sebab kebahagiaan itu bisa menular, dan berbagi kebahagiaan akan melipatgandakan kebaikan.

2. Lebih Termotivasi untuk Meningkatkan Kemampuan Diri

Saat ini mungkin secara materi kamu masih belum benar-benar berkecukupan. Namun, ada motivasi dan semangat yang lebih tinggi untuk meningkatkan kemampuan diri. Kamu jadi makin terpacu untuk melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan kemampuan diri. Karena dengan semakin membaiknya dirimu, semakin besar peluangmu untuk melakukan lebih banyak kebaikan.

3. Mendapat Rezeki dari Sumber yang Tak Pernah Diduga

putus cinta
ilustrasi./copyright by YAKOBCHUK VIACHESLAV (Shutterstock)

Ada saja rezeki yang kamu dapat. Yakin saja bahwa semua kebutuhanmu akan selalu tercukupi selama kamu bisa senantiasa bersyukur dan tak lupa untuk terus berbagi. Rezeki tak selalu melulu uang, bisa saja kesehatan dan ketenangan hati. Tiap kali menebar kebaikan, akan selalu ada pintu baru yang melapangkan jalan rezekimu.

4. Hidupmu Terasa Lebih Bermakna

Masih menyisihkan sebagian gaji untuk orangtua. Masih bersedekah tiap kali mendapat gaji atau penghasilan. Masih berbagi di tengah situasi yang serba pas-pasan malah akan membuat hidupmu jadi terasa lebih bermakna. Kamu jadi lebih nyaman menjalani hari-harimu. 

5. Tidak Mudah Stres Menjalani Hidup

Uang dan materi bisa jadi sumber stres bila kita terlalu terobsesi dengannya. Maka dari itu, kita perlu mengimbanginya dengan tetap berbagi dan menebar kebaikan. Cara ini bisa sangat membantumu agar bisa terhindar dari stres atau rasa tertekan. Sebab kamu menyadari bahwa segala sesuatu dan semua materi yang ada semua sifatnya hanya sementara saja di dunia ini.

Kalau Sahabat Fimela sendiri, apakah punya pengalaman pribadi terkait "keajaiban-keajaiban" yang terjadi saat berbagi dan menebar kebaikan? Semoga hidup kita bisa penuh berkah sekaligus menjadi anugerah untuk orang lain, ya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela