Paling Tabah, 5 Kelebihan Ini Dimiliki Anak Perempuan Pertama di Keluarga

Endah Wijayanti28 Jul 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 08:45 WIB
berbagi masalah

Fimela.com, Jakarta Menjadi anak perempuan pertama dalam keluarga, ada banyak pengalaman yang cukup menempa mental kita. Begitu banyak ujian dan lika-liku kehidupan yang tak mudah dilalui. Belum lagi ketika harus menghadapi dan memenuhi berbagai tuntutan yang ada, sungguh tidak mudah untuk selalu tampak kuat. Meskipun begitu, seorang perempuan yang terlahir sebagai anak sulung punya beberapa kelebihan yang istimewa.

Seorang perempuan sulung bisa menjadi sosok yang paling tabah. Walau hidup tak selalu mudah untuk dijalani, tapi ada mental kuat dan hati yang luar biasa yang dimilikinya. Untukmu yang terlahir sebagai anak perempuan pertama di keluarga, kelebihan-kelebihan ini bisa kamu miliki.

1. Bisa Menyelesaikan Segala Sesuatu Sampai Tuntas

Melansir laman drjen.com, penelitian-penelitian yang lebih modern menemukan bahwa anak sulung lebih cepat berbicara dan lebih berorientasi pada pencapaian. Dr. Jennifer Hartstein, seorang psikolog anak, remaja, dan keluarga yang berpraktik di New York City, memaparkan bahwa anak sulung senantiasa mendambakan persetujuan dan perhatian. Karena banyak anak sulung yang kurang perhatian dari orangtua pada empat tahun pertama kehidupannya, sebelum mereka merasa sepenuhnya aman, bekerja keras untuk mendapatkan perhatian dari orang lain, dan sering mengalami kesulitan menerima kritik. Meskipun begitu, anak sulung senantiasa punya motivasi besar untuk menjadi orang sukses. Sehingga anak sulung juga dikenal bertanggung jawab. Tidak setengah-setengah dalam mengerjakan sesuatu.

2. Punya Kepercayaan Diri Tinggi

Terlatih menghadapi banyak hal seorang diri mengasah kemampuan kita untuk bisa lebih percaya diri dalam melangkah. Tuntutan untuk serba bisa dan melakukan banyak hal sendiri, kepercayaan diri yang tertanam bisa lebih kuat dari waktu ke waktu. Kita bisa lebih percaya diri dengan keahlian dan kemampuan yang kita punya. Kalaupun ada hal yang belum bisa kita lakukan, kita akan berupaya untuk belajar lagi dari nol. 

3. Andal dalam Memotivasi Orang Lain

mencoba aplikasi kencan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Alissa+Kumarova

Seorang perempuan sulung umumnya terbiasa untuk mendahulukan kepentingan orang lain. Misal, ketika masih kecil sudah terbiasa untuk berbagi dengan adik-adik atau malah mendahulukan kepenting adiknya dibandingkan dirinya. Saat masih kecil berusaha untuk senantiasa meringankan beban orangtua juga telah menempa mental seorang perempuan sulung jadi lebih kuat. Terbiasa mendahulukan kepentingan orang lain, seorang perempuan sulung akan merasa bahagia ketika melihat orang lain bisa bahagia dengan semangat yang ia berikan. Sehingga bisa sangat andal dalam memotivasi orang lain dan membuat perasaan orang lain lebih baik.

4. Punya Kecerdasan Istimewa

Ada penelitian menarik terkait anak sulung. Melansir laman cnbc.com, ada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Human Resources yang menemukan bahwa anak sulung mengungguli adik mereka dalam tes kognitif mulai dari masa bayi dan mereka lebih siap untuk kesuksesan akademis dan intelektual berkat jenis pengasuhan yang mereka alami. Alasannya karena orangtua yang pertama kali punya anak cenderung ingin melakukan segalanya dengan benar pada anak pertamanya. Seorang sulung pun bisa tumbuh dengan kecerdasan yang lebih istimewa.

5. Tidak Mudah Terpuruk dalam Kekecewaan

Kekecewaan bisa menciptakan kesedihan bahkan bara dendam di hati. Menghadapi orang yang telah mengecewakan kita pun tak pernah mudah. Namun, kita memilih untuk tetap tersenyum sebab kita tahu bahwa kita pun bukan orang yang sempurna. Kita memilih untuk bersinar dengan cara kita sendiri. Kita memilih untuk tetap menjadi orang baik karena kehidupan ini juga bukan milik kita selamanya, dan tidak mudah terpuruk dan terus tenggelam dalam rasa kecewa.

Jadi, bagi Sahabat Fimela yang terlahir sebagai anak sulung, tetap jalani kehidupan ini dengan sebaik-baiknya. Semoga hidupmu pun bisa menjadi anugerah untuk orang-orang di sekitarmu.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela