5 Alasan Merawat Diri Bisa Membuatmu jadi Perempuan yang Lebih Bahagia

Endah Wijayanti27 Jul 2021, 15:45 WIB
Diperbarui 27 Jul 2021, 15:45 WIB
merawat wajah

Fimela.com, Jakarta Merawat diri merupakan salah satu cara penting untuk lebih mencintai diri kita sendiri. Merias wajah, mengenakan baju cantik, berolahraga rutin, makan makanan sehat, hingga sekadar meluangkan waktu bersantai di spa, bisa membuat kita lebih bahagia. Segala bentuk cara merawat diri bisa menjadi cara terbaik untuk membuat kita bahagia.

Merawat dan menjaga diri dengan baik bisa meningkatkan rasa bangga tersendiri. Kita mempercantik diri kadang bukan untuk pamer, melainkan untuk membuat kita merasa lebih senang dan nyaman. Seringkali kita meras kebahagiaan kita tergantung pada keberadaan orang lain. Padahal kita bisa memulainya dari diri sendiri. Untuk membuat kita merasa sempurna, orang pertama yang kita butuhkan adalah diri kita sendiri.

1. Merawat Diri Membuat Kita Lebih Bersahabat dengan Diri Sendiri

Masing-masing dari kita punya cara sendiri untuk menikmati waktu istirahat yang terbaik. Kuncinya di sini adalah berupaya untuk sebisa mungkin membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Fokuslah untuk melakukan kegiatan yang kamu sukai dengan tujuan mengistirahatkan diri. Dengan begini, kita bisa lebih "bersahabat" dengan tubuh dan pikiran kita.

2. Merawat Diri Meningkatkan Rasa Nyaman

Masing-masing dari kita punya cara sendiri dalam mempercantik penampilan. Seperti rutin menggunakan produk perawatan kulit untuk menjaga kesehatan kulit, memilih produk rias wajah terbaik untuk tampil lebih cantik, mengenakan pakaian ternyaman dalam menjalani keseharian, dan memilih gaya rambut yang sesuai dengan keinginan. Semua hal itu pun bisa membantu kita untuk merasa lebih nyaman menjadi diri sendiri.

3. Merawat Diri Meningkatkan Rasa Percaya Diri

mencintai diri sendiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/krakenimages

Saat merawat diri kita akan menemukan kelebihan diri kita. Kita bisa lebih menerima diri kita seutuhnya. Terlepas dari kekurangan yang kita punya, ada kelebihan yang sudah tertanam di dalam jiwa kita sejak dulu. Merawat diri sendiri menjadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri. Tidak ada perasaan rendah diri karena kita sudah melakukan yang terbaik untuk menjaga diri dengan kenyamanan yang kita butuhkan.

4. Merawat Diri Melatih Kita untuk Lebih Banyak Bersyukur

Kalau terus mencari-cari kekurangan diri, sampai kapan pun kita takkan selesai. Alih-alih terus mencari cela atau hal buruk dari diri, lebih baik kita lebih banyak bersyukur. Merawat diri bisa jadi salah satu cara terbaik untuk melatih kita agar lebih banyak bersyukur. Semakin banyak bersyukur, semakin besar kebahagiaan yang akan mengalir di dalam diri kita.

5. Merawat Diri Mengurangi Ego Sendiri

Ketika kita lebih peduli pada diri sendiri dengan menjaga penampilan atau mempercantik diri, maka kita tak lagi perlu meminta pengakuan dari orang lain atas diri kita. Kita sudah melakukan upaya terbaik untuk menjaga penampilan, maka kita tak lagi merasa perlu menghabiskan energi mencari pujian berlebihan. 

The trick is in what one emphasizes. We either make ourselves miserable, or we make ourselves happy. The amount of work is the same. ― Carlos Castaneda

Rawat dirimu dengan baik, ya Sahabat Fimela. Dengan merawat diri yang baik, kebahagiaan akan lebih mudah mengalir dalam hidupmu.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela