Sukses

Lifestyle

8 Cara yang dapat Kamu Lakukan untuk Meningkatkan IQ

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela bertanya-tanya apakah mungkin untuk meningkatkan level IQ? Ternyata, dirimu dapat meningkatkan kecerdasan dengan jenis pelatihan intelektual yang tepat. Penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai cara untuk mengembangkan beberapa keterampilan paling penting yang terkait dengan kecerdasan manusia.

IQ, yang merupakan kependekan dari Intelligence quotient, adalah ukuran kecerdasan dan potensi intelektual seseorang. IQ diukur menggunakan tes standar yang dikelola oleh psikolog berlisensi dan, dalam beberapa kasus, mereka yang memiliki pelatihan kesehatan mental tingkat pascasarjana.

Melansir dari healthline.com (28/7), berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan berbagai bidang kecerdasan, mulai dari penalaran dan perencanaan hingga pemecahan masalah dan banyak lagi.

1. Aktivitas Memori

Aktivitas memori dapat membantu meningkatkan tidak hanya memori, tetapi juga kemampuan penalaran dan bahasa. Faktanya, permainan memori telah digunakan dalam studi penelitian untuk mengeksplorasi bagaimana memori berhubungan dengan bahasa dan pengetahuan objek. Penalaran dan bahasa sama-sama digunakan sebagai ukuran kecerdasan, artinya kegiatan memori dapat terus mengembangkan kecerdasan.

Kegiatan yang melibatkan pelatihan memori meliputi:

  • Teka-teki gambar
  • Teka teki silang
  • Permainan kartu konsentrasi, atau pencocokan kartu
  • Sudoku

2. Kegiatan Pengendalian Eksekutif

Kontrol eksekutif adalah kemampuan untuk mengontrol aktivitas kognitif yang kompleks. Ini adalah bagian dari fungsi eksekutif, yang juga mencakup manajemen dan regulasi eksekutif. Penelitian menunjukkan bahwa fungsi eksekutif sangat terkait dengan penalaran yang lancar, salah satu aspek kecerdasan manusia.

Kegiatan yang melibatkan pelatihan pengendalian eksekutif meliputi:

  • Scrabble
  • Pictionary
  • Lampu merah, lampu hijau
  • Asah otak

3. Kegiatan Penalaran Visuospasial

Penalaran visuospasial melibatkan proses mental yang terkait dengan representasi fisik. Dalam satu studi, para peneliti menemukan bahwa peningkatan penalaran visuospasial menyebabkan peningkatan skor tes IQ. Dalam studi tersebut, memori dan aktivitas kontrol eksekutif digunakan sebagian untuk membantu meningkatkan penalaran visuospasial peserta.

Kegiatan yang melibatkan pelatihan visual dan spasial meliputi:

  • Labirin
  • Kegiatan sudut pandang
  • Model 3-D
  • Prisma terbuka

4. Keterampilan Relasional

Teori Bingkai Relasional berkaitan dengan perkembangan kognisi dan bahasa manusia melalui asosiasi relasional. Penelitian dari tahun 2011 telah menunjukkan bahwa menggunakan Teori Kerangka Relasional sebagai intervensi dapat secara signifikan meningkatkan skor IQ pada anak-anak. Sebuah studi yang lebih baru menggunakan intervensi ini juga menemukan peningkatan IQ, penalaran verbal, dan penalaran numerik.

5. Alat Musik

Dirimu tidak perlu menjadi musisi terkenal untuk mendapatkan manfaat dari mempelajari alat musik. Satu studi menemukan bahwa musisi memiliki memori kerja yang lebih baik daripada non-musisi. Mengingat peran penting yang dimainkan memori dalam kecerdasan, mungkin bermanfaat bagi IQ-mu untuk akhirnya mengambil alat musik yang selalu ingin kamu pelajari.

6. Bahasa Baru

Apakah kamu akan terkejut mengetahui bahwa lebih dari setengah populasi dunia adalah bilingual? Seharusnya tidak mengejutkan bahwa mempelajari banyak bahasa bermanfaat bagi otak manusia dan semakin dini, semakin baik.

Sebuah studi baru-baru ini menyelidiki hubungan antara pembelajaran bahasa awal dan IQ. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa melalui pembicaraan dan interaksi dari 18 hingga 24 bulan paling bermanfaat untuk hasil kognitif di kemudian hari.

7. Sering Membaca

Tidak dapat disangkal betapa bermanfaatnya buku dalam perkembangan kognitif manusia. Bahkan, manfaat perkembangan semakin terasa ketika buku menjadi bagian dari kegiatan parenting bonding. Dalam satu studi baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa ketika orang tua membacakan untuk anak-anak mereka, anak memiliki keterampilan bahasa dan perkembangan kognitif yang lebih besar.

8. Pendidikan Lanjutan

Pendidikan, dalam bentuk apapun, sangat penting untuk pengembangan kecerdasan manusia. Dalam ulasan studi tentang IQ dan pendidikan, lebih dari 600.000 peserta dipelajari untuk menentukan efek pendidikan pada tingkat IQ. Para peneliti menemukan bahwa untuk setiap tahun tambahan pendidikan formal, peserta mengalami peningkatan satu hingga lima poin IQ.

Tentunya kecerdasan seseorang dapat ditingkatkan melalui berbagai cara. Tentunya hal itu juga dilakukan secara rutin. Melakukan hal sederhana seperti membaca buku dan bermain alat musik salah satunya.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading