5 Cara Merawat Ponsel dan Laptop agar Tidak Mudah Rusak

Imelda Rahma28 Jul 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 18:15 WIB
Barang Elektronik

Kita kerap mengeluh apabila ponsel atau laptop yang belum lama dibeli telah rusak. Padahal, harganya tidaklah murah. Butuh uang tak sedikit untuk membeli barang elektronik tersebut.

Namun, sebaiknya kamu tak perlu menyalahkan siapa-siapa. Sebab, bisa jadi semuanya rusak akibat ulahmu sendiri.

Kebiasan buruk yang kerap kali dilakukan akan dapat merusak ponsel hingga laptop . Jadi sebaiknya introspeksi diri merupakan cara yang tepat.

Untuk mengetahui secara rinci, berikut Fimela.com akan mengulas cara merawat ponsel dan laptop agar tidak mudah rusak. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Hindari Membawa Ponsel ke Toilet

Hindari Membawa Ponsel ke Toilet
Ilustrasi Toilet Credit: pexels.com/Fransesca

Cara merawat ponsel dan laptop agar tak cepat rusak yang pertama yaitu dengan menghindari kebiasaan membawa handphone ke toilet. Ponsel mungkin sulit lepas dari genggaman. Ke mana saja perginya, pasti akan dibawa. Bahkan ke tempat-tempat yang tak terprediksi sebelumnya, contohnya seperti toilet. Mulai dari membalas pesan, menelepon hingga membuka sosial media.

Padahal ini dapat merusak ponsel kamu sendiri. Pertama, ponsel akan rentan jatuh ke air dan merusak mesin. Kedua, jika jatuh ke air dan dalam proses mengisi daya maka itu juga bisa fatal.

Sarapan atau Makan Siang di Depan Laptop

Sarapan atau Makan Siang di Depan Laptop
Ilustrasi Menggunakan Sarapan Credit: pexels.com/Marianne

Cara merawat ponsel dan laptop agar tak cepat rusak berikutnya adalah kebiasaan sarapan atau makan siang di depan laptop. Biasanya karena tuntutan pekerjaan, seseorang akan memiliki waktu sedikit untuk beristirahat. Oleh karenanya banyak orang yang memilih untuk makan sambil bekerja di depan laptopnya.

Tapi tahukan kamu jika hal ini juga dapat merusak laptop. Makanan yang kamu konsumsi bisa saja masuk ke sela-sela keyboard. Terlebih hal yang kamu makan adalah biskuit. Belum lagi ketika kamu minum air dan bisa saja tumpah mengenai laptop.

Hindari Mengisi Baterai Ponsel Saat Benar-Benar Kosong

Hindari Mengisi Baterai Ponsel Saat Benar-Benar Kosong
Ilustrasi Ponsel Credit: pexels.com/Bruce

Tips merawat ponsel dan laptop berikutnya adalah dengan menghindari mengisi daya baterai ponsel saat benar-benar dalam keadaan 0% atau kosong. Ada baiknya kamu menghubungkan kabel pengisi daya saat baterai mulai merah (menunjukkan kode lemah) biasanya pada angka 20 persen.

Sebabnya adalah, hal tersebut dapat mengakibatkan kualitas baterai akan menurun.

Meninggalkan Laptop di dalam Mobil

Meninggalkan Laptop di Dalam Mobil
Ilustrasi Laptop Credit: pexels.com/Beuw

Cara merawat ponsel dan laptop yang berikutnya adalah dengan menghindari meninggalkan laptop di dalam mobil. Hal ini bukan hanya perihal keamanan, tetapi juga tentang fakta bahwa overcooling atau terlalu panas dapat berbahaya bagi teknologi.

Suhu yang terlalu panas akan mempengaruhi prosesor secara negatif. Ini juga terjadi apabila tingkat kelembaban tinggi.

Jika kamu meninggalkan perangkat elektronik dalam suhu dingin dalam waktu lama, maka itu juga akan menyebabkan kerusakan pada baterai.

Itulah mengapa lebih baik tidak meninggalkan gadget di mobil pada musim panas atau di musim dingin.

Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Menggunakan Laptop di Atas Kasur
Ilustrasi Menggunakan Laptop Credit: pexels.com/Ivan

Cara merawat ponsel dan laptop yang berikutnya adalah dengan tidak menggunakan laptop di atas kasur.

Kebanyakan alasannya adalah demi kenyamanan. Nyaman bagi kamu tetapi tak baik untuk mesinnya. Biasanya, laptop memiliki lubang-lubang saluran udara. Saat digunakan, mesin akan panas dan mengeluarkan panasnya lewat saluran itu.

Jika kamu menggunakan laptop di atas tempat tidur maka akan mempengaruhi prosesor secara negatif. Ujung-ujungnya akan rusak.

Lanjutkan Membaca ↓