Sukses

Lifestyle

Lahir di Keluarga Atlet, Rahmat Erwin Abdullah Wujudkan Impian Ayah Tampil di Olimpiade dan Raih Medali

Fimela.com, Jakarta Tanpa disangka-sangka, Rahmat Erwin Abdullah atlet angkat besi Indonesia berhasil membawa pulang medali perunggu di ajang olahraga bergengsi Olimpade Tokyo 2020.

Atlet asal Sulawesi Selatan tersebut baru pertama kali mengikuti Olimpiade namun sudah berhasil meraih medaliRahmat tampil terbaik di Grup B kelas 73 kg putra setelah mencatatkan angkatan total 342 kg, yaitu 152 kg snatch dan 190 kg clean & jerk. Total angkatan itu membuat Rahmat menjadi terbaik ketiga jika digabungkan dengan lifter di Grup A.

Pria yang lahir di Makassar pada 13 Oktober 2000 ini dibesarkan di keluarga atlet angkat besi. Ia adalah putra putra mantan lifter Indonesia, Erwin Abdullah, dan AMI AB. Ami Asun Budiono

Menurut informasi di situs web resmi Olimpiade, sang ayah, Erwin Abdullah pernah meraih perak cabang olahraga angkat besi kategori 69 kg pada Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan. Dan berhasil meraih medali silver. 

Sedangkan sang ibunda Ami Asun Budiono, juga seorang lifter yang pernah meraih medali emas SEA Games 1995 di Chiang Mai.  

 

Mewujudkan mimpi sang ayah

Atlet muda berusia 21 tahun itu mengatakan keikut sertaan di Olimpiade untuk mewujudkan mimpi sang ayah. Sang ayah, Erwin Abdullah, merupakan lifter yang pernah memiliki kesempatan untuk tampil di Olimpiade Athena 2004.

Namun, mimpi tersebut harus dikubur karena meski telah lolos kualifikasi, Erwin Abdullah tidak diizinkan oleh dokter tim untuk tampil karena tengah mengalami cedera punggung pada saat itu.

“Saya masih ingat kata-kata Bapak. 'Mat, kamu akan rasakan yang pernah Bapak rasakan di Olimpiade. Soalnya, Bapak belum sempat bertanding'. Hal itu yang terus diulang-ulang oleh Bapak akhir-akhir ini," ujar Rahmat melansir Bola.com.

Sang ayah pun menjadi pelatihnya dan mendampingi di Tokyo hingga mendapat medali perunggu.

Daftar prestasi:

2021, medali perunggu Asian Championhips 2020 di Tashkent

2020, medali emas Asian Junior Championships di Tashkent

2019, medali emas SEA Games 2019 Filipina

2019, medali emas Asian Junior Championships di Pyongyang, Korea Utara

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading