Bacaan Niat Puasa Senin Kamis dan 5 Manfaat Menjalankannya

Baiq Nurul Nahdiat29 Jul 2021, 14:05 WIB
Diperbarui 29 Jul 2021, 14:05 WIB
Niat Puasa Senin Kamis

Fimela.com, Jakarta Salah satu sunah yang dianjurkan bagi umat Muslim ialah berpuasa di hari Senin dan Kamis. Rasulullah SAW bahkan terbiasa berpuasa sunah di hari tersebut. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah menyebutkan bahwa hari Senin dan Kamis merupakan hari diangkatnya amalan. Oleh karena itu, pada hari Senin dan Kamis disunahkan untuk melaksanakan puasa.

"Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa," (HR. Tirmidzi)

Meski termasuk salah satu puasa sunah, tata cara dan pelaksanaan puasa sunah Senin Kamis tidak banyak berbeda dengan puasa Ramadan.  Hal yang membedakannya hanya terletak pada niat puasa Senin Kamis. Berbeda dengan puasa Ramadan, niat puasa Senin Kamis boleh dilafalkan di waktu malam ataupun saat fajar terbit.

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis
Niat Puasa Senin Kamis/copyright shutterstock.com

Niat Puasa Senin:

Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatal lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa pada hari Senin, sunah karena Allah Ta'ala."

Niat Puasa Kamis:

Nawaitu shouma yaumal khomisi sunnatal lillahi ta'ala.

Artinya: "Saya niat puasa pada hari Kamis, sunah karena Allah Ta'ala."

 

Manfaat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis
Niat Puasa Senin Kamis/copyright shutterstock.com

Berikut beberapa manfaat dari puasa Senin dan Kamis:

1. Meningkatkan amalan

Dengan melakukan ibadah puasa, kamu akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan lainnya yang nantinya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Selain itu dengan berpuasa akan lebih membuat kamu bersimpati kepada orang yang memiliki keberuntungan di bawahmu dan mendorongmu untuk selalu membantu mereka.

2. Menyehatkan tubuh

Melakukan ibadah puasa dapat menyehatkan tubuh, hal tersebut sering dibuktikan secara medis bahwa puasa dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh. Melakukan puasa juga dapat mengistirahatkan sistem pencernaan yang selalu melakukan tugas setiap harinya. Saat berpuasa, mereka akan istirahat dan memulihkan energi kembali.

3. Menjadi perisai dan penguat jiwa

Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib atau pun puasa-puasa sunnah, seperti puasa Senin-Kamis, dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi Kejiwaan seseorang. Manfaat berpuasa juga dapat membantu dalam melatih kesabaran, menguasai diri, melatih diri dalam meredam hawa nafsu, serta dapat meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

4. Menjadi Lebih Disiplin

Manfaat puasa senin kamis selanjutnya adalah dapat melatih seseorang untuk selalu disiplin dalam segala hal. Hal ini, secara tak langsung kamu merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang kamu lakukan, sehingga kamu akan selalu mawas diri dan menghindari segala hal yang dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasa.

5. Latihan Melawan Hawa Nafsu

Manfaat puasa senin kamis lainnya adalah memberikan gambaran bahwa dengan melakukan ibadah ini, jalan setan untuk memperngaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat. Kalau sudah begitu, hal ini dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia untuk berbuat maksiat atau melakukan hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT. Dengan begitu, kamu bisa meredam hawa nafsu untuk melakukan perbuatan yang tidak dibolehkan oleh Allah SWT.

Demikianlah bacaan niat puasa Senin dan Kamis dan manfaatnya dari menjalankannya. Semoga bermanfaat.

Sumber: Dream.co.id

 

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓