5 Kelebihan Istimewa Perempuan yang Terbiasa Hidup Sederhana

Endah Wijayanti30 Jul 2021, 11:20 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 11:21 WIB
perempuan dan kebiasaan percaya diri

Fimela.com, Jakarta Masing-masing dari kita pasti punya gaya hidup tertentu. Kebutuhan, keinginan, dan kemampuan kita dalam menjalani hidup jelas berbeda satu sama lain. Pastinya kita pun selalu punya dan bisa membuat pilihan hidup sendiri dalam menjalani hidup.

Kali yang akan kita bahas adalah soal hidup sederhana. Terbiasa hidup sederhana bisa memberi kelebihan dan keuntungan sendiri untuk diri kita. Menjalani hidup dengan pola yang sederhana, tidak berlebihan, dan sesuai kebutuhan bisa menumbuhkan beberapa kelebihan istimewa dalam diri kita.

1. Mudah Bahagia

“To find the universal elements enough; to find the air and the water exhilarating; to be refreshed by a morning walk or an evening saunter... to be thrilled by the stars at night; to be elated over a bird's nest or a wildflower in spring — these are some of the rewards of the simple life.”― John Burroughs, Leaf and Tendril

Hidup sederhana membuat kita lebih menghargai hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Kita bisa lebih mudah menciptakan dan menemukan kebahagiaan melalui berbagai hal yang sudah ada dalam genggaman kita. Kita merasa cukup dengan semua yang kita punya, dari sini kita mudah stres dengan hal-hal yang belum kita miliki.

2. Tidak Gampang Iri dengan Orang Lain

“When you simplify your life, you will be able to see the life much better because with a simple life you get rid of the obstacles that prevents your horizons!”― Mehmet Murat ildan

Kita terbiasa hidup sederhana dan memenuhi berbagai hal sesuai dengan kebutuhan, bukan cuma karena keinginan semata. Dari sini kita cenderung lebih fokus jalani hidup kita dengan baik. Tidak selalu membanding-bandingkan hidup kita dengan orang lain. Tidak mudah iri dengan gaya hidup orang lain, sebab kita sudah bisa menjalani hidup kita sesuai dengan kemampuan terbaik kita.

3. Selalu Antusias Mencoba Hal-Hal Baru

kepribadian karakter zodiak
ilustrasi./Flower photo created by svetlanasokolova - www.freepik.com

“A simple life gives birth to more clarity, inner peace and meaningful relationships.”― Margo Vader

Salah satu hikmah hidup sederhana adalah kita senantiasa memiliki kerendahan hati. Kita menyadari tak ada hal yang benar-benar sempurna. Tidak semua hal bisa kita lakukan dengan sempurna. Sehingga kita terus termotivasi dan terdorong untuk mencoba hal-hal baru. Belajar hal-hal baru tanpa batas. Selalu ada ruang di dalam diri kita untuk berkembang dan mencoba hal-hal baru yang memberi dampak positif dalam kehidupan.

4. Punya Kemampuan Mengelola Stres yang Baik

“I just want to live simply and pay attention to what's happening each day.”― Kent Haruf, Our Souls at Night

Stres dan tekanan hidup tidak selalu bisa dihindari. Ada hal-hal yang tak bisa kita hindari, dan ini memang realitas yang harus kita terima. Dengan hidup sederhana, kita bisa lebih mudah menata kemampuan fokus dan membagi prioritas kita. Kita pun jadi punya kemampuan mengelola stres yang lebih baik. Sekalipun dilanda stres, kita bisa perlahan menenangkan diri dengan cara yang paling nyaman.

5. Lebih Mandiri Menjalani Keseharian

“The simple pleasures of life give us lasting satisfaction.”― Avijeet Das

Tidak setiap saat kita bisa bergantung pada orang lain. Tidak setiap waktu kita bisa mengandalkan bantuan orang lain. Maka dari itu kita perlu senantiasa memupuk kemandirian kita dari waktu ke waktu. Hidup sederhana melatih kita untuk lebih mandiri. Dari sini kita pun bisa lebih mudah menjalani hari-hari kita dengan lebih tenang tanpa harus merepotkan orang lain. Bahkan kalau bisa, kita makin terdorong untuk meringankan orang lain.

Apa pun gaya hidup yang kita pilih, pastikan kita bisa mempertanggungjawabkannya dengan baik, ya. Semoga hidup yang kita jalani ini pun bisa menghadirkan manfaat dan kebaikan juga untuk orang lain.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓