Penelitian Membuktikan, Suka Bicara Sendiri Tanda IQ Tinggi

Febi Anindya Kirana30 Jul 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 13:15 WIB
perempuan berpikir

Fimela.com, Jakarta Jika orang pernah melihat kita suka bicara sendiri mungkin ia akan mengira kita gila atau kurang waras. Tapi tahukah bahwa ternyata ada fakta mengejutkan dari kebiasaan ngomong sendiri? Penelitian membuktikan bahwa itu adalah tanda kamu memiliki IQ yang tinggi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Acta Psychologica menemukan bahwa bicara kepada diri sendiri mampu meningkatkan kemampuan mengendalikan diri sendiri (self-control) dan yang paling penting, itu juga merupakan tanda kecerdasan otak yang lebih baik.

Suka ngomong sendiri tanda kamu cerdas

perempuan berpikir
perempuan di kafe/Look Studio/Shutterstock

Dalam penelitian yang berjudul The impact of verbal instructions on goal-directed behaviour, partisipan diminta membaca instruksi secara diam-diam dan dibaca lantang. Kemudian peneliti akan mengukur tingkat konsentrasi serta performa dalam menjalani instrukti tersebut.

Peneliti menemukan bahwa orang-orang yang menyuruh dirinya sendiri untuk melakukan sesuatu dengan cara bicara lantang sekaan ia bicara sendiri ternyata memiliki daya konsentrasi dan performa lebih baik dibanding orang-orang yang hanya membaca dalam hati atau secara diam-diam.

Psikolog Paloma Mari-Beffa dan Alexander kirkham dari Bangor University menjelaskan bahwa membaca dengan lantang atau memberi perintah kepada diri sendiri secara verbal dan dapat didengar mampu menstimulasi kinerja kognitif lebih baik sehingga orang lebih awas dan sadar dengan hal yang akan dilakukannya.

Jadi, jangan merasa seperti orang gila jika suka terbiasa bicara kepada diri sendiri dengan cara yang positif, karena ternyata itu adalah tanda kamu punya otak yang cerdas atau IQ tinggi dibandingkan orang lain, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela