An San Pemanah Korea Selatan Peraih 3 Medali Emas di Olimpiade Dapat Kritikan Akibat Rambut Pendeknya

Anisha Saktian Putri30 Jul 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 17:00 WIB
Pemanah Korea Selatan Peraih 3 Medali Emas di Olimpiade Dapat Kritikan Akibat Rambut Pendeknya/dok. Unsplash neonbrand

Fimela.com, Jakarta Para penonton Olimpiade Tokyo 2020 berbagi dukungan mereka untuk peraih medali emas Korea Selatan, An San setelah menghadapi kritik atas potongan rambut pendeknya.

Sejak Olimpiade dimulai di Tokyo, perempuan berusia 20 tahun ini telah memenangkan tiga medali emas dari cabang panahan untuk Korea Selatan, dan membuat rekor Olimpiade baru. Ia bertanding dinomor beregu campuran, beregu putri, dan single.

Namun, terlepas dari prestasinya, perhatian di negara asalnya justru terfokus pada panjang rambutnya. Pada hari Rabu, reporter New York Times Kelly Kasulis Cho menggambarkan pelecehan yang ditargetkan kepada San di Twitter.

Komentar tersebut menyebutkan bahwa pilihan gaya rambut An San menunjukkan bahwa dia adalah seorang feminis, beberapa dari mereka menuntut An San meminta maaf dan bahkan meminta dia mengembalikan medali Olimpiadenya.

“Peraih medali emas Olimpiade Korea Selatan di bidang panahan, An San, dikritik oleh netizen laki-laki karena rambut pendeknya - tampilan lain dari gerakan anti-feminis online di daerah di mana potongan rambut masih bisa menjadi kontroversi di antara kelompok-kelompok tertentu,” tulis Cho melansir Indepent.co.uk.

Dalam tweet lanjutan, Cho mengungkapkan bahwa ada gerakan anti-feminis online terkemuka di Korea Selatan, di mana gaya rambut dapat meluncurkan kampanye kebencian.

Pesan kemarahan tersebut justru memicu badai lebih lanjut. Mereka menuduh An menggunakan ekspresi dengan nada anti-laki-laki.

"Kami tidak melatih dan memberi makan Anda dengan uang pajak sehingga Anda dapat melakukan tindakan feminis," tulis salah seorang laki-laki di akun Instagram An.

An San Pemanah Korea Selatan raih 3 medali/dok. Instagram @olympic
An San Pemanah Korea Selatan raih 3 medali/dok. Instagram @olympic

Mendapat pembelaan

An San Pemanah Korea Selatan raih 3 medali/dok. Instagram @olympic
An San Pemanah Korea Selatan raih 3 medali/dok. Instagram @olympic

Reaksi misoginis telah mendorong banyak orang untuk membela atlet pemanahan tersebut. Banyak perempuan mengunggah foto rambut pendek mereka sendiri untuk mendukung San.

Menurut Channel News Asia, yang mengutip laporan lokal, setidaknya ada 6.000 foto perempuan dengan rambut pendek yang diposting ke platform media sosial untuk mendukung San.

Politisi Korea Selatan Sim Sang-jung juga secara terbuka membela San, menulis di Twitter: “Dengan tampilan tegas itu, tolong tembak setiap prasangka di dunia. Kami mendukung rambut pendekmu dan mendukungmu,” tulisnya

Menurut Korea JoongAng Daily, mencatat bahwa San sebelumnya memberi tahu seorang komentator yang bertanya mengapa dia memotong rambutnya menjadi pendek, san pun menjawab “karena lebih nyaman”.

Situs web Asosiasi Panahan Korea dibanjiri oleh setidaknya 1.500 pesan yang mendukung An.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela