5 Cara Mengolah Limbah Plastik secara Mudah dan Praktis agar Tidak Merusak Lingkungan

Imelda Rahma03 Agu 2021, 08:05 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 08:05 WIB
Limbah Plastik

Sampah plastik benar-benar tidak bisa dihindari dan tidak ada tempat untuk bersembunyi dari polusi ini. Para ilmuwan menemukan bahwa makhluk kecil seperti udang yang hidup di dasar Palung memiliki partikel plastik dalam sistem pencernaan mereka.

Kita telah bertindak terlalu jauh dalam mencemari planet dan sudah saatnya kita semua mulai menggunakan lebih sedikit plastik dan menggunakannya kembali dengan semua cara yang memungkinkan. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk mengolah limbah plastik agar tidak semakin mencemari bumi kita.

Melansir dari Merdeka.com, berikut 5 cara mengolah limbah plastik secara mudah dan praktis agar tidak merusak lingkungan. Bisa dijadikan referensi bagi kamu yang ingin mengolah limbah plastik agar tidak semakin mencemari lingkungan kita.

Gunakan Botol Plastik untuk Menyiram Tanaman

Gunakan Botol Plastik untuk Menyiram Tanaman
Ilustrasi Botol Plastik Credit: pexels.com/Anthony

Cara mengolah limbah plastik agar tak mencemari lingkungan yang pertama dengan memanfaatkan limbah plastik untuk menyiram tanaman. Buatlah lubang kecil di seluruh botol. Gali lubang yang cukup besar untuk menyembunyikan botol di tengah penanam atau di samping tanaman di tempat tidur taman.

Masukkan botol ke dalam lubang dan tutupi dengan tanah sehingga kamu masih memiliki akses ke lehernya. Isi botol dengan air dan perlahan akan meresap ke dalam lubang, menyiram tanaman.

Ubah Botol Plastik untuk Pancuran Air

Ubah Botol Plastik untuk Pancuran Air
Ilustrasi Botol Plastik Credit: pexels.com/Renee

Cara mengolah limbah plastik agar tak mencemari lingkungan berikutnya adalah memanfaatkan botol plastik untuk pancuran air. Buat lubang di tutup botol. Isi botol dengan air, biarkan di bawah sinar matahari sampai air menjadi hangat, dan sirami tanaman. Jika kamu ingin bereksperimen, gunakan botol plastik untuk memperbaiki kepala pancuran yang bocor.

Membuat Rumah Kaca untuk Sayuran

Membuat Rumah Kaca untuk Sayuran
Ilustrasi Membuat Rumah Kaca untuk Sayuran Credit: pexels.com/Singkham

Cara mengolah limbah plastik agar tak mencemari lingkungan berikutnya adalah membuat rumah kaca untuk sayuran. Rumah kaca konvensional menghabiskan banyak biaya dan menempati banyak ruang sementara rumah kaca botol adalah  solusi yang baik untuk taman dengan ukuran berapa pun.

Potong bagian bawah botol PET, buka tutupnya, dan letakkan di tempat tidur taman kamu sehingga botol mengelilingi tanaman. Rumah kaca improvisasi ini terlihat sederhana, tetapi akan memperpanjang musim panas untuk sayuranmu dan melindunginya dari angin.

Gunakan Sebagai Pot Bunga

Gunakan Sebagai Pot Bunga
Ilustrasi Pot Bunga Credit: pexels.com/Freddie

Botol soda, susu dan jus bekerja dengan baik sebagai pot bunga improvisasi. Pilih botol yang cukup besar untuk bunga, buat lubang dengan ukuran yang sesuai dan isi botol dengan tanah. Jangan lupa membuat lubang kecil di bagian bawah untuk drainase air yang baik.

Gunakan Wadah Plastik untuk Menanam Bibit

Gunakan Wadah Plastik untuk Menanam Bibit
Ilustrasi Wadah Plastik untuk Menanam Bibit Credit: pexels.com/Daria

Cara mengolah limbah plastik agar tak mencemari lingkungan dengan menggunakan wadah plastik seperti bekas wadah minyak untuk menanam bibit tanaman. Botol bukan satu-satunya barang plastik yang dapat digunakan kembali untuk berkebun.

Ambil beberapa kantong plastik yang kuat, isi dengan tanah dan gunakan untuk mengangkut bibit ke kebun. Ini akan lebih mudah jika kamu memilih tas dengan pegangan.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela