Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Inilah 7 Fakta Ilmiah yang Membuktikan Bahwa Perempuan Lebih Kuat daripada Pria

Fimela.com, Jakarta Sering diremehkan dan diremehkan secara kultural, ada delapan fakta ilmiah yang membuktikan bahwa perempuan memang lebih kuat dari pria. Ini bukan untuk membandingkan antara pria dan perempuan, namun agar kita lebih menyadari bahwa perempuan juga memiliki kedudukan yang sama seperti pria dalam kehidupan. Konstruksi yang selama ini dibentuk bahwa perempuan itu lemah, sebenarnya hanyalah wacana untuk melemahkan perempuan itu sendiri. Seperti yang dilansir dari laman Healthshots, berikut fakta ilmiah yang membuktikan perempuan lebih kuat daripada pria.

1. Perempuan adalah juara bertahan dalam hidup

Sesuai data yang dikelola oleh Kelompok Riset Gerontologi global, dari 43 orang di dunia yang berhasil melewati usia 110 tahun, 42 adalah perempuan. Tetapi, secara ilmiah, wanita cenderung hidup lebih lama daripada pria karena "interaksi kompleks faktor biologis, lingkungan, dan sosial" menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of National Academy of the United States of America.

2. Lebih kebal terhadap penyakit

Studi yang sama juga menyoroti fakta bahwa perempuan lebih mungkin bertahan dalam kondisi yang lebih sulit seperti kelaparan, perubahan iklim yang ekstrem, dan epidemi penyakit dibandingkan dengan pria dan juga memiliki kekebalan yang lebih kuat.

3. Bisa mengatasi rasa sakit dengan lebih baik

Sama seperti kebanyakan hal dalam hidup, perempuan juga dapat menangani rasa sakit lebih baik daripada pria karena menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas McGill, perempuan memiliki ambang batas rasa sakit yang lebih tinggi.

4. Lebih kuat secara emosional

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Emotion mengatakan bahwa perempuan lebih baik dalam mengidentifikasi emosi negatif mereka seperti kesedihan dan jijik, ini juga dikaitkan karena mereka bertanggung jawab untuk reproduksi. Dengan demikian, mereka lebih sensitif terhadap bahan kimia lingkungan.

5. Lebih kuat secara mental

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Ben Gurion University of the Negev, University of St.Gallen, dan NYU Shanghai, perempuan cenderung mengatasi tekanan lebih baik daripada pria. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa kortisol, hormon stres, cenderung meningkat lebih cepat pada pria daripada pada perempuan.

6. Memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi

Pria mungkin telah terbukti memiliki volume otak yang lebih tinggi, namun, perempuan masih berhasil mengalahkan mereka dalam hal IQ, tes dan ada alasan ilmiah yang kuat untuk itu dikutip oleh sebuah penelitian yang dilakukan di University of Edinburgh. Perempuan memiliki korteks yang lebih tebal, area otak yang terkait dengan peningkatan kinerja pada tes kecerdasan.

7. Memiliki kaki yang lebih kuat

Sesuai sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Royal Society Publishing, satu unit otot perempuan yang bugar dapat menghasilkan kekuatan yang sama dengan pria yang sama bugarnya. Mempertimbangkan fakta bahwa kita cenderung memiliki tubuh bagian bawah yang lebih berat, penelitian ini juga menunjukkan bahwa kaki wanita mungkin lebih kuat daripada pria.

Itulah beberapa alasan sains yang menjelaskan mengapa perempuan disebit lebih kuat daripada pria. Jadi, walaupun sering dinomorduakan, sering mendapat perlakuan yang berbeda bahkan sering dianggap lemah. Nyatanya, perempuan memiliki keistimewaan yang membuat mereka unggul.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading