Penelitian Membuktikan, Orang Kreatif Pasti Pandai Tapi Orang Pandai Belum Tentu Kreatif

Febi Anindya Kirana04 Agu 2021, 14:55 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 14:57 WIB
perempuan bahagia

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan seseorang bukan hanya didapatkan dari gen atau bawaan lahir namun juga dari usaha seseorang belajar dan mengasah kemampuan otaknya. Ada banyak tanda mengetahui seberapa besar kecerdasan seseorang, salah satunya adalah dari seberapa kreatif dia.

Sebuah penelitian psikologis longitudinal terlama yang dilakukan oleh Lewis Terman yang dimulai pada tahun 1921 tentang anak-anak berbakat menemukan bahwa tidak semua orang dengan IQ tinggi itu kreatif, namun orang-orang yang kreatif pasti memiliki IQ yang tinggi.

Orang kreatif pasti cerdas

perempuan cerdas
ilustrasi perempuan bekerja/PAPALAH/Shutterstock

Dalam penelitian lain yang dilakukan Csikszentmihalyi dengan judul Creativity: Flow and the Psychology of Discovery and Invention tahun 2013 percaya bahwa orang-orang kreatif sudah semestinya cerdas. Ia menjelaskan bahwa orang-orang kreatif membutuhkan perspektif baru yang dipadukan dengan disiplin diri.

Otak orang-orang kreatif bekerja dengan cara yang unik dan berbeda dibandingkan orang yang hanya berpikir pintar secara akal. Itulah mengapa hasil tes kecerdasan orang yang kreatif selalu tinggi, hal ini tidak didapatkan oleh orang yang pandai secara akal saja.

Jadi berbanggalah jika kamu termasuk orang yang kreatif atau sering dinilai kreatif oleh banyak orang di sekitarmu karena bisa jadi kamu memiliki kecerdasan tinggi secara alami, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela