5 Cara Menghilangkan Noda Kerak di Kamar Mandi secara Mudah dan Praktis

Imelda Rahma05 Agu 2021, 13:56 WIB
Diperbarui 05 Agu 2021, 14:21 WIB
Kamar Mandi

Fimela.com, Jakarta Noda membandel seperti kerak di kloset menjadi masalah umum dalam kebersihan kamar mandi. Noda kerak ini bisa disebabkan oleh penumpukan kotoran, mineral, dan air. Seiring waktu penumpukan ini bisa menimbulkan tampilan toilet yang kotor dan tidak enak dipandang.

Noda kerak biasanya sulit dihilangkan. Jika tak dibersihkan, noda ini bisa menimbulkan kerusakan.

Cara menghilangkan noda kerak di kamar mandi sangat penting diketahui. Meski ada banyak produk pembersih komersial yang dapat menghilangkan noda ini, beberapa produk rumah tangga bisa sama efektifnya.

Cara menghilangkan noda kerak di kamar mandi dengan bahan rumahan ini juga lebih ramah lingkungan. Dengan begitu kamu bisa membersihkan kamar mandi dari noda kerak tanpa bahan kimia keras. Berikut 5 cara membersihkan noda kerak di kamar mandi secara mudah dan praktis. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Baking Soda dan Cuka

Baking Soda dan Cuka
Ilustrasi Baking Soda Credit: pexels.com/Kaboompics

Baking soda dan cuka putih adalah dua produk rumah tangga paling berguna yang dapat membersihkan banyak benda, termasuk noda kerak di toilet. Berikut caranya:

1. Tuangkan sekitar 1 cangkir cuka ke permukaan kloset, bisa juga meratakannya dengan sikat. Biarkan selama sekitar satu menit.

2. Tambahkan sekitar 1 cangkir baking soda pada permukaan kloset, lalu tambahkan 1 hingga 2 cangkir cuka lagi. Ini akan membuat aksi mendesis. Biarkan larutan selama sekitar 10 menit.

3. Gunakan sikat toilet untuk mengoleskan larutan di sekitar kloset, pastikan larutan tersebut menempel pada noda yang berada di atas garis air. Jangan disiram dulu.

4. Biarkan larutan cuka dan baking soda selama 30 menit, sikat satu atau dua kali lagi hingga noda hilang. Jika masih ada noda, gosok dengan sikat toilet atau sikat nilon berbulu kaku. Siram toilet untuk membilasnya.

Soda

Soda
Ilustrasi Soda Credit: pexels.com/Pavel

Minuman bersoda juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kamar mandi menjadi kinclong tanpa noda. Soda bisa membantu mengangkat noda membandel seperti kerak di permukaan porselen seperti kloset.

Tuang satu kaleng penuh soda di sekeliling tepi kloset sehingga kloset benar-benar terlapisi dengan soda, lalu diamkan selama setidaknya satu jam agar asam dalam soda bisa mengurai noda. Gosok dengan sikat toilet, lalu siram.

Lemon

Lemon
Ilustrasi Lemon Credit: pexels.com/Rodnae

Perasan air lemon adalah pengganti cuka karena sifat asamnya. Secara alami, buah ini bersifat sangat asam. Lemon menjadi pembersih yang efisien dengan kemampuan tinggi untuk memerangi sebagian besar bakteri yang ditemukan di kamar mandi. Lemon menjadi produk pembersih yang hemat biaya dan ramah lingkungan.

Taburkan garam di sekitar permukaan kloset atau bagian lainnya yang terlihat berkerak di kamar mandi. Kenakan sarung tangan pembersih dan gunakan bagian daging dari setengah lemon, gosok di bawah pinggiran dan area yang terjangkau air. Kamu bisa memeras sisa jus lemon ke dalam kloset.

Asam Sitrat

Asam Sitrat
Ilustrasi Asam Sitrat Credit: pexels.com/mali

Asam sitrat bekerja sama seperti lemon dan cuka dalam membersihkan noda kerak di kamar mandi. Asam sitrat dapat digunakan dengan mudah untuk membersihkan rumah dari bakteri, jamur, dan mikroba lainnya. Asam sitrat juga dapat dengan mudah ditemukan di toko bahan kue.

Campurkan satu sendok makan asam sitrat dengan sebotol air. Tuangkan ke permukaan kloset dan biarkan selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas.

Untuk pembersihan mendalam, semprotkan larutan asam sitrat dan taburkan ½ cangkir bubuk asam sitrat di permukaan kloset termasuk di bawah tepi. Biarkan selama beberapa jam. Gosok secara menyeluruh dengan sikat dan siram.

Lanjutkan Membaca ↓