Sukses

Lifestyle

Penelitian Ungkap Pupil Mata yang Lebih Besar Punya Kecerdasan Lebih Tinggi

Fimela.com, Jakarta Menatap mata seseorang dapat memberikan gambaran sekilas tentang kondisi emosional mereka. Mulai dari sedih, bahagia, atau marah. Namun tahukah kamu jika dari mata juga bisa menjadi jendela kecerdasan seseorang?

Ya! Dari mata seseorang, kamu bisa melihat seberapa kecerdasan seseorang. Dikemukakan dalam sebuah penelitian, orang dengan pupil mata lebih besar dinilai lebih cerdas.

Menurut American Academy of Ophthalmology, pupil mata memiliki diameter antara 2-8mm. Fungsinya ia bekerja sama dengan iris untuk mengatur jumlah cahaya yang melewati mata untuk melindungi mata. Penyerapan cahaya adalah alasana mengapa pupil terlihat hitam.

Ukuran pupil mata seseorang akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Pengurangan ini bervariasi karena perubahan emosi. Beberapa peneliti mengklaim bahwa pupil mata bisa mulai melebar bagi kamu menangkap seseorang yang menarik.

 

Hasil penelitian

Penelitian yang dilakukan di Institut Teknologi Georgia pada 500 orang berusia 18-35 tahun yang mengacu pada kemampuan kognitif, yakni kecerdasan, kontrol perhatian, dan memori.

Kecerdasan menjadi seni memecahkan masalah yang sangat sulit dengan pengetahuan yang saat ini tidak dimiliki. Para ilmuwan memperhatikan bahwa orang yang menunjukkan kecerdasan ini memiliki ukuran pupil mata yang lebih besar.

 

Hubungan pupil mata dengan kecerdasan

Pada tes kontrol perhatian, semua partisipan diuji akan kemampuan untuk fokus pada sesuatu terlepas dari gangguan yang ada. Hasilnya, orang dengan pupil lebih besar memiliki fokus yang lebih baik. Terakhir pada uji kemampuan mengingat menunjukkan hasil bahwa memori kerja berkorelasi dengan pupil yang besar.

Hasil dari sejumlah tes berbeda mengklaim bahwa ukuran pupil mata memiliki pengaruh terhadap tingkat kecerdasan. Menurut sejumlah studi, pupil mata terhubung dengan locus coeruleus, titik di mana otak kita memulai fungsi kognitif tertinggi. Pada dasarnya, semakin fungsional titik tersebut, semakin lebar pupil mata.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading