Makna Buket Bunga yang Diterima Para Juara Olimpiade Tokyo 2020

Hilda Irach06 Agu 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 06 Agu 2021, 08:00 WIB
Bukan sekedar hiasan, buket bunga matahari yang diterima para juara olimpiade Tokyo 2020 punya makna mendalam.

Fimela.com, Jakarta Selain medali, para juara Olimpiade Tokyo 2020 juga mendapatkan buket bunga kemenangan. Bukan sekedar hiasan, karangan bunga ini punya makna yang mendalam.

Karangan bunga ini didesain oleh Dewan Bunga Nippon untuk Olimpiade dan Paralimpiade yang terdiri dari bunga Eustoma, matahari, dan gentian. Buket diberikan bersama boneka maskot Olimpiade Tokyo 2020, Miraitowa.

Rupanya, karangan bunga kecil yang diikat dengan pita biru merupakan lambang kebangkitan Jepang dari bencana alam yang pernah melanda. Yaitu gempa bumi dan tsunami tahun 2011, serta bencana pembangkit nuklir Fukushima yang menyebabkan kehancuran tiga reaktor nuklir.

 

Lambangkan kebangkitan Jepang

Bukan sekedar hiasan, buket bunga matahari yang diterima para juara olimpiade Tokyo 2020 punya makna mendalam.
Bukan sekedar hiasan, buket bunga matahari yang diterima para juara olimpiade Tokyo 2020 punya makna mendalam. (Instagram/momiji.nishiya830).

Melansir dari situs Olympics, bunga eustoma diketahui berasal dari Fukushima, salah satu prefektur yang paling terdampak gempa bumi hebat pada Maret 2011. Gempa tersebut memicu kebocoran reaktor nuklir di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima sehingga merusak ekologi di sekitarnya.

Gentian yang menyerupai gugusan bunga kecil biru cerah juga berasal dari daerah yang terkena bencana, Iwat. Bunga ini disebut-sebut melambangkan bentuk dukungan yang kuat.

Sementara itu, bunga matahari diambil dari prefektur Miyagi yang ditanam oleh orangtua yang kehilangan anak akibat bencana gempa dan tsunami 2011. Kegiatan tersebut rutin dilakukan untuk mengenang anak-anak mereka.

“Karangan bunga punya kisah terkait upaya masyarakat Jepang memulihkan perekonomiannya. Selain itu, bunga-bunga itu jadi simbol rasa terima kasih Jepang atas dukungan yang diberikan dunia,” ujar Nobuo Isomura, Ketua Dewan Bunga Jepang.

Total ada 5.000 karangan bunga kemenangan untuk Olimpiade Tokyo 2020. Buket bunga juga menampilkan sosok kecil maskot Olimpiade, Miraitowa. Nama karakter kartun yang memakai ikat kepala kotak-kotak biru dan putih ini adalah kombinasi dari kata Jepang mirai (masa depan) dan towa (keabadian). Ini dimaksudkan sebagai perayaan masa lalu dan masa depan Jepang.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela