Sukses

Lifestyle

13 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Terbaik, Cocok untuk Pemula

Fimela.com, Jakarta Membaca novel adalah aktivitas yang menyenangkan karena selain bisa berimajinasi dengan jalan ceritanya, membaca novel juga bisa meningkatkan kemampuan membaca. Saat pandemi seperti ini, tentunya membaca novel bisa menjadi aktivitas di rumah yang menyenangkan. 

Jika kamu nampak bosan dengan novel-novel lokal, kamu bisa mencoba sensasi baru dengan membaca buku novel bahasa Inggris. Membaca buku novel berbahasa asing bisa membantu meningkatkan kemampuanmu dalam memahami bahasa asing. 

Untuk membacanya, kamu tidak perlu bingung karena ada banyak novel-novel bahasa asing yang seru dan keren untuk kamu baca. Pastinya kamu tidak akan mudah bosan ketika menelusuri ceritanya dari halaman satu ke halaman berikutnya. 

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 11 rekomendasi novel bahasa Inggris terbaik, cocok untuk pemula. Dilansir dari beragam sumber, simak semua rekomendasinya di bawah ini. 

1. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone – J.K.Rowling (1997)

Sudah bukan rahasia lagi jika serial novel 'Harry Potter' adalah salah satu novel yang terkenal serta fenomenal. Serial ini terdiri atas tujuh buku, dan apabila ini pertama kalinya kamu membaca serial tersebut, kamu dapat memulai dari buku pertamanya, yaitu ‘Harry Potter and the Sorcerer’s Stone.’

Singkatnya, serial novel yang satu ini menceritakan tentang seorang anak yatim piatu bernama Harry Potter yang tinggal di rumah pamannya. Namun, Harry diperlakukan tidak adil oleh keluarga pamannya tersebut, dimana di rumah itu Harry dipaksa untuk tinggal di dalam lemari di bawah tangga rumah pamannya.

Namun, hal berubah ketika Harry mengetahui bahwa ia merupakan seorang penyihir dan diterima di sekolah penyihir Hogwarts. Keberadaan Harry Potter di dunia sihir sendiri terbilang istimewa, karena ia merupakan satu-satunya orang yang berhasil selamat dari kutukan Lord Voldemort.

2. The Hunger Games – Suzanne Collins (2008)

Novel 'The Hunger Games' merupakan salah satu serial yang populer di dunia. Tidak mengherankan jika ceritanya pun diangkat ke layar lebar dan menjadi film bergenre fantasi yang sukses dan memiliki banyak penggemar. 

Novel ini menceritakan mengenai bangsa Panem yang memiliki wilayah yang makmur bernama Capitol, dan dikelilingi oleh 12 distrik yang lebih miskin. Namun, terjadi pemberontakan dari distrik ke-13 terhadap Capitol yang menyebabkan kehancuran dan awal mulai dari terciptanya acara televisi yang bernama ‘Hunger Games.’

Acara ini merupakan bentuk dari hukuman dan peringatan kekuatan dari Capitol. Sehingga setiap distrik diharuskan untuk menyerahkan 1 perempuan dan 1 laki-laki yang berusia antara 12 hingga 18 tahun melalui sistem undian. Orang-orang yang terpilih diharuskan untuk bertarung hingga mati, dan menyisakan hanya satu orang yang selamat sebagai pemenangnya.

3. Percy Jackson & The Olympians: The Lightning Thief – Rick Riordan (2015)

Serial novel Percy Jackson & The Olympians terdiri dari lima buku. Buku pertamanya, yaitu ‘The Lightning Thief’ menceritakan seorang anak bernama Percy Jackson yang mengidap disleksia dan ADHD. Pada perjalanan sekolahnya ke Metropolitan Museum of Art, seorang gurunya berubah menjadi monster dan mencoba membunuh Percy.

Hal ini membuat ibu Percy memutuskan bahwa sudah saatnya untuk memberitahu identitas Percy yang sebenarnya. Percy dikirim ibunya untuk mengikuti Camp Half Blood, dimana dia akhirnya mengetahui bahwa ia merupakan seorang Demigod – keturunan manusia dan dewa – dan merupakan anak dari Poseidon.

Percy diberikan tugas untuk mengungkap sebuah misteri yang dapat menyebabkan peperangan antara para Dewa. Percy bersama teman-temannya, Grover dan Annabeth memulai perjalanannya ke gerbang alam bawah tanah untuk mencegah peperangan tersebut.

4. The Fault in Our Stars – John Green (2012)

Terakhir, novel bahasa Inggris yang juga menarik sekaligus mengharukan untuk dibaca ialah 'The Fault in Our Stars' yang menceritakan kisah Hazel, seorang gadis yang mengidap penyakit kanker yang menyebabkan kemanapun ia pergi harus membawa tabung oksigen untuk bernapas.

Hal ini membuat Hazel depresi, sehingga sang ibu membuat Hazel menghadiri kelompok pendukung pasien kanker. Tidak disangka, dengan menghadiri pertemuan tersebut, hidup Hazel berubah ketika ia bertemu dengan Augustus Waters. Bagaimana kisah Hazel dan Augustus dalam menghadapi penyakit ganas tersebut? Jika kamu ingin tahu kelanjutannya, yuk segera baca novelnya!

5. Life of Pi – Yann Martel (2001)

Life of Pi adalah salah satu novel terbaik yang menceritakan kisah Piscine Molitor “Pi” Patel ketika ia tinggal di India, dimana ayahnya memiliki kebun binatang di Pondicherry. Namun, pada Februari 1976, pemerintahan India mendeklarasikan “The Emergency” terhadap kondisi negaranya, sehingga keluarga Pi terpaksa pindah ke Kanada.

Akan tetapi, proses perpindahan itu tidak berjalan dengan lancar karena kapal yang ditumpangi oleh Pi dihantam badai yang sangat kuat. Akhirnya, kapal yang ditumpangi oleh Pi beserta hewan-hewan yang ada didalamnya tenggelam. Namun, Pi berhasil selamat dengan menggunakan perahu darurat, bersama seekor Hyena, Zebra, Orang utan, dan Macan. 

6. Fangirl – Rainbow Rowell (2013)

Novel yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai cerita-cerita cinta yang manis dan ringan. Ya, novel Fangirl mungkin dapat menjadi pilihanmu. Singaktnya, novel ini menceritakan kisah Cath, seorang mahasiswa baru di University of Nebraska-Lincoln, yang memiliki kembaran identik, yaitu Wren.

Meskipun kembar identik, namun keduanya memiliki kepribadian yang berbeda. Wren merupakan anak yang suka bergaul, sementara Cath lebih tertarik untuk menulis. Sewaktu kecil, Wren dan Cath merupakan penggemar berat dari serial Simon Snow, namun semenjak kuliah Wren kehilangan obsesinya.

Sementara Cath masih terobsesi dengan serial tersebut, dan giat menulis fan fiction dari serial itu yang memiliki ribuan pembaca setia. Cath mengalami kesulitan dalam beradaptasi di sekolah, karena Wren tidak mau sekamar dengan Cath di asrama, dan Cath memiliki Social Anxiety Disorder. Kini Cath harus berjuang untuk bertahan diluar zona nyamannya. 

7. The Diary of a Young Girl – Anne Frank, Eleanor Roosevelt (Introduction) (1993)

Pecinta sejarah pasti sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini, Anne Frank. Anne Frank merupakan salah satu korban genosida pada masa Perang Dunia II.

Dalam persembunyiannya selama 2 tahun, Anne menuangkan kisahnya melalui tulisan di buku hariannya yang kemudian dipublikasikan dengan judul ‘The Diary of a Young Girl’ atau biasa dikenal sebagai ‘The Diary of Anne Frank.’ Jadi, bagi kamu yang menyukai sejarah, buku ini tentunya bisa masuk list kamu.

8. Everything, Everything – Nicola Yoon (2015)

Novel yang berjudul Everything, Everything ini menceritakan kisah Madeline “Maddy” Whittier, seorang gadis berumur 17 tahun yang mengidap severe combined immunodeficiency (SCID). Penyakitnya membuat ia tidak boleh keluar dari rumah dan segala barang disekitarnya harus disterilkan terlebih dahulu.

Kehidupannya hanya di isi oleh ibunya, Pauline dan perawatnya yaitu Carla. Akan tetapi, pada suatu hari Maddy melihat tetangga barunya, Olly melalui jendela kamarnya. Dunia Maddy yang sepi, kini diisi dengan kehadiran Olly.

9. The Princess Diaries – Meg Cabot (2000)

Novel ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang pernah bercita-cita menjadi seorang puteri. Novel ini menceritakan sosok Mia Thermopolis, seorang gadis biasa yang sedang duduk di bangku kelas 9, tiba-tiba diberitahu bahwa ia merupakan keturunan dari kerajaan Genovia.

Kejutannya lainnya dalam novel ini juga menampilkan bahwa Mia ternyata seorang puteri mahkota dari kerajaan tersebut. Tentu saja hal ini mengubah hidup Mia secara drastis. 

10. Love for Imperfect Things - Haemin Sunim (2016)

Penulis merupakan seorang guru agama Buddha Zen dan penulis yang berpengaruh di Kore Selatan. Ia mengumpulkan refleksi dirinya saat belajar melihat dunia dan dirinya sendiri dengan penuh kasih. Buku ini mengangkat tema cinta sebagai pembahasan serta beberapa inspirasi dari orang yang telah membagikan kisah hidu dan pertanyaan saat kuliah umum melalui media sosial.

11. The Alchemist - Paulo Coelho (1988)

Selanjutnya buku ini berkisah anak gembala bernama Santiago yang berkelana dari rumahnya di Spanyol ke padang pasir di wilayah mesir untuk mencari harta karun terpendam di Piramida. Namun sebuah perjalanan yang semula bertujuan untuk menemukan harta duniawi berubah menjadi penemuan harta di dalam diri.

The Love Hypothesis – Ali Hazelwood (2021)

Sebahagi Ph.D kandidat, Olive Smith tidak percaya pada hubungan romantic yang langgeng, tetapi sahabatnya pecaya dan itulah yang membuat ia sampai di situasi seperti ini.

Meyakinkan Anh bahwa Olive berkencan dan sedang dalam perjalanan menuju kebahagiaan  membutuhkan waktu yang lebih banyak. Adam Carlsen, seorang professor muda yang sangat terkenal. Namun, terdapat rahasia yang ia tutupu yaitu bersandiwara dan menjadi pacar palsunya.

You’ve Rrached Sam – Dustin Thao (2021)

Julie yang berusia tujuh belas tahun telah merencanakan semua masa depannya, mulai dari pindah ke kota kecilnya bersama pacarnya Sam. Kemudian kuliah di kota dan menghabiskan musim panas di Jepang. N

amun, Julie sangat terpukul saat Sam kekasihnya meninggal. Patah hati, Julie melewatkan pemakamannya dan membuang semua barang-barangnya serta mencoba meninggalkan dan melupakan pasangannya yang meninggal.

Sam meninggalkan buku tahunannya dan membuat Julie mengingat kembali, ia menelepon ponsel Sam hanya untuk mendengarkan pesan suaranya. Kemudian Sam menjawab panggilan dari Julie.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading