Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan yang Bikin Cepat Miskin meski Punya Penghasilan Tinggi

Fimela.com, Jakarta Selain boros, ada beberapa kebiasaan yang bikin cepat miskin. Mungkin dirimu bertanya, kemana perginya uang yang selama ini digunakan? Apakah dirimu sering merenungkan mengapa tidak ada uang di rekening bank di setiap akhir bulan? Besar kemungkinan ini disebabkan oleh kebiasaan cara mengatur keuangan yang salah, yang bikin uang cepat habis. Dan inilah beberapa kebiasaan yang bikin cepat miskin meski punya penghasilan tinggi.

1. Belanja lebih banyak saat penghasilan meningkat

Tidak ada salahnya meningkatkan standar hidup jika mampu. Namun, terus-menerus mencari cara untuk membelanjakan uang, akan mudah membuat kondisi keuangan dalam keadaan yang sulit. Apalagi jika terus meningkatkan pengeluaran bersama dengan peningkatan pendapatan. Kebiasaan seperti ini membuat seseorang sulit memiliki tabungan nyata.

2. Fokus memikirkan saat ini tapi lupa merencanakan masa depan

Biasanya, ketika orang merasa sulit untuk mengatasi masalah, mereka memilih untuk mengabaikannya. Sama halnya dengan keuangan, umumnya, orang fokus pada kebutuhan mereka saat ini, berharap bahwa kebutuhan masa depan entah bagaimana akan dipenuhi dengan cara tertentu. Kita perlu mengambil masa depan ke dalam perspektif setiap kali membuat keputusan keuangan. Ini bertujuan untuk memudahkan kita, membuat perencanaan keuangan yang lebih matang.

3. Masih berpikir terlalu dini untuk menabung

Ketika masih muda, seseorang mudah terbawa oleh berbagai kesenangan yang bisa dibeli dengan uang. Orang sering berpikir bahwa saat ini terlalu dini untuk mulai menabung atau berinvestasi. Ini sebenarnta keliru, tidak pernah ada waktu terlalu dini untuk menabung sebagian dari penghasilan, tidak peduli seberapa rendah atau tinggi penghasilan seseorang.

4. Tidak mencatat keuangan

Kita semua berpikir bahwa kita tahu dari mana uang kita berasal dan ke mana uang itu berakhir. Sayangnya, itu tidak benar bagi kebanyakan dari kita. Kita mungkin menyadari pengeluaran besar tetapi hal-hal kecil biasanya memakan keuangan kita lebih banyak daripada yang besar. Buatlah catatan keuangan, meski pengeluaran itu besar atau kecil, karena ini akan membantu mengendalikan keuangan.

5. Tidak memiliki perencanaan anggaran

Memiliki anggaran yang realistis dan terdokumentasi dengan baik adalah dasar dari semua perencanaan dan kesuksesan keuangan. Buat anggaran dan patuhi itu, itu membuat perbedaan besar dalam cara melihat uang. Tanpa adanya anggaran, sangat mudah untuk terbawa arus dan melakukan pengeluaran yang tidak perlu.

Selain beberapa poin di atas, juga ada beberapa kebiasaan keuangan lainnya yang bikin cepat miskin, seperti tidak jelas kebutuhan dan keinginan, mengabaikan hutang, mengikuti gaya hidup yang mewah dan tidak memiliki tujuan keuangan yang jelas. Jadi jika tak ingin menyesal di kemudian hari, maka mulailah tinggalkan kebiasaan buruk dalam mengatur keuangan ini.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading