Sukses

Lifestyle

15 Rekomendasi Buku Biografi Inspiratif, Kisah Perjalanan Tokoh yang Mengubah Hidup

Fimela.com, Jakarta Biografi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cerita sejarah dari seseorang yang memiliki pengaruh besar di suatu lingkungan tertentu. Biasanya, buku biografi tersebut ditulis lantaran banyaknya antusiasme untuk mengetahui cerita di balik kehidupan seorang tokoh yang menjadi panutan.

Dengan membaca buku biografi beserta sosok yang diceritakan di dalamnya, maka pembaca pun dapat memperkaya wawasan serta mengambil pelajaran hidup untuk menjadi pribadi yang lebih baik di kemudian hari. Ada pula buku biografi yang juga menceritakan suatu pengalaman agar pembacanya tak mengulangi hal yang dilakukan oleh si tokoh tersebut.

Nah, apakah kamu tertarik untuk membaca buku biografi ? Berikut Fimela.com akan membagikan 5 rekomendasi buku biografi inspiratif yang akan mengubah hidupmu. Dilansir dari beragam sumber, simak semua rekomendasinya di bawah ini. 

Biografi Tokoh Dunia yang Fenomenal

1. Becoming - Michelle Obama

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok ibu negara yang membawa perubahan pada masa kepemimpinan pasangannya sebagai presiden. Salah satunya tentu Michelle Obama. Melalui buku berjudul Becoming, kamu dapat menyelami lebih lagi pemikiran seorang mantan ibu negara yang selamanya mendapat tempat di hati rakyat Amerika Serikat.

2. Steve Jobs - Walter Isaac

Tidak hanya karena kejeniusannya, Steve Jobs juga menjadi tokoh yang fenomenal karena karakternya. Walter Issac, penulis asal Amerika mengulas lengkap kisah kehidupan tokoh berjasa dalam kemajuan teknologi saat ini.

3. Just Kids - Patti Smith

Apakah kamu termasuk salah satu fan fanatik Patti Smith? Jangan hanya nikmati karya musiknya, tetapi telisik juga karya sastra dari tokoh legenda dalam dunia permusikan ini. Buku berjudul Just Kids oleh Patti Smith akan membuat kamu menyelami kehidupan pribadinya yang tidak pernah terungkap publik. Seru, bukan ? 

4. Educated - Tara Westover

Tara Westover dikenal sebagai seorang petualang sejati. Kisahnya bertahan hidup saat melakukan pendakian di pegunungan Idaho telah menginspirasi jutaan pembaca di seluruh dunia. Bagi kamu yang belum sempat membaca, Educated oleh Tara Westover akan membuatmu memandang dunia dengan sudut pandang yang berbeda dan unik.  

5. I Know Why The Caged Bird Sings - Maya Angelou

Nama Maya Angelou tentunya tak asing lagi di telinga. Ia adalah seorang penulis serta penyair ternama asal Amerika. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pemikiran seorang Maya Angelou? Maka buku bertitel I Know Why The Caged Bird Sings wajib untuk kamu baca.

Biografi Tokoh Dunia yang Menginspirasi

6. My Thoughts Exactly - Lily Allen

Lily Allen mengikut jejak sejumlah rekan musisinya untuk menulis buku. Dirilis di bulan September 2018, banyak yang memuji buku berjudul My Thoughts Exactly yang merupakan karangannya sendiri. Buku ini berkisah mengenai feminism dan pro kontra kehidupan kaum perempuan dari pandangan seorang Lily Allen.

7. Churchill: A Life - Martin Gilbert

Biografi yang satu ini cocok utnuk kamu para pecinta dunia politik, terutama di saat perang dunia kedua, wajib membaca biografi dari Winston Churchill. Perjuangannya di masa kelam tersebut diceritakan dengan lugas oleh pengarangnya yang bernama Martin Gilbert melalui buku berjudul Churchill: A Life.

8. I am Malala: The Girl Who Stood Up For - Christina Lamb & Malala Yousafazai

Ditulis oleh tokoh utama sendiri dan seorang rekan penulis lainnya, saat membaca I am Malala: The Girl Who Stood Up For, seketika jiwa feminis akan muncul di hati. Resapi dan biarkan kisah hidup perempuan inspiratif ini juga menginspirasi kamu yang membaca.

9. Swans: Three Daughters of China - Jung Chang

Biografi yang satu ini mencoba mengulas topik kehidupan tiga generasi perempuan di Tiongkok, buku berjudul Wild Swans: Three Daughters of China jelas merupakan bacaan berisi. Buku karangan Jung Chang ini telah meraih penghargaan bergengsi, di antaranya NCR Book Award di tahun 1992 dan British Book of The Year di tahun 1993.

10. Biografi Gus Dur - Greg Barton

Buku terbaik berasal dari dalam negeri sendiri. Buku biografi mengenai mantan tokoh pemimpin negara, Abdurrahman Wahid atau kita kenal dengan nama Gus Dur akan membuat kamu terkagum-kagum serta terinspirasi. Buku ini menjadi salah satu international best-seller dan tersedia dalam dua bahasa.

Biografi Tokoh Dunia yang Terkenal

11. Nadiem Makarim - Andi Darmawan, dkk

Buku ini berisi tentang kisah Nadiem Makarim, yang mengawali karier dengan membangun aplikasi Gojek. Nadiem memberikan solusi untuk masyarakat Indonesia yang mengeluh macet dan pengangguran. Dalam buku ini juga menceritakan tentang perjuangan Nadiem, yang sekarang menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

12. Sir Alex Ferguson - Prilo Sekundiari

Sir Alex Ferguson adalah seorang pelatih terbaik dari Manchester United. Biografinya ditulis oleh Prilo Sekundiari dalam buku berjudul Sir Alex Ferguson. Dengan membaca buku ini, pembaca bisa mempelajari banyak strategi yang dilakukan Sir Alex Ferguson dalam membentuk tim berbakat dan berjaya.

13. John Lennon: You May Say Im A Dreamer - Florentina Senojati

Buku biografi yang berjudul John Lennon: You May Say Im A Dreamer karya Florentina Senojati, adalah buku yang menceritakan tentang John Lennon yang berkarier dengan The Beatles, kisah cinta yang ia alami, hingga sisi gelap John Lennon yang jarang diketahui. Buku ini cocok dibaca oleh penggemar John Lennon dan The Beatles.

 

14. Cahaya, Cinta dan Canda M Quraish Shihab - Mauluddin Anwar, dkk

Membaca buku berjudul Cahaya, Cinta dan Canda M Quraish Shihab, kamu bisa mempelajari tentang sikap hidup dan kepribadian tokoh agama Islam bernama M Quraish Shihab. Bahkan para tokoh terkenal seperti B.J. Habibie juga membaca buku ini.

15. Nelson Mandela: Sebuah Biografi - Peter Limb

Jika kamu tertarik dengan tokoh Nelson Mandela, maka kamu wajib membaca buku Nelson Mandela: Sebuah Biografi, karya Peter Limb. Buku ini menceritakan tentang perjuangan Nelson Mandela, yang merupakan tokoh revolusioner perdamaian bagi bangsa Afrika dan dunia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading