Sukses

Lifestyle

8 Perusahaan dan Startup Indonesia Masuk Daftar Forbes Asia

Fimela.com, Jakarta Forbes baru saja melaporkan perusahaan kecil dan startup sedang naik daun di kawasan Asia -Pasifik bertajuk Forbes Asia 100 to Watch. Hal ini dilakukan karena perusahaan kecil dan stratup terus bertumbuh.

"Pada saat ekonomi di seluruh dunia sedang berjuang dari pandemi, perusahaan-perusahaan gesit ini berada di jalur pertumbuhan," mengutip penjelasan Forbes dari situsnya.

Perusahaan kecil dan startup yang masuk dalam daftar dinilai mampu memberikan perubahan. Misalnya saja dapat mengatasi masalah untuk meningkatkan transportasi di kota-kota yang padat, memperluas konektivitas yang terjangkau di daerah terpencil.

"Untuk memilih 100 to Watch, Forbes Asia meminta daftar pengiriman online, dan mengundang akselerator, inkubator, organisasi advokasi UKM, universitas, pemodal ventura, dan lainnya untuk menominasikan perusahaan juga. 100 final dipilih dari lebih dari 900 kiriman," menurut penjelasan Forbes.

Tujuh belas negara dan wilayah disurvei dalam laporan ini. India dan Singapura menjadi negara paling banyak menemukan startup masing-masing menyumbang 22 dan 19 perusahaan. Hong Kong menyumbang 10 dan Indonesia 8.

Berikut daftrar perusahaan kecil dan startup Indonesia yang masuk ke dalam Forbes Asia

1. bobobox

Kategori: Makanan & Perhotelan

Tahun Berdiri: 2017

CEO: Indra Gunawan

Pendukung utama: Alpha JWC Ventures, Horizons Ventures

Bobobox Mitra Indonesia menawarkan akomodasi hotel kapsul yang terjangkau di Indonesia, dengan tempat tidur pod di 14 lokasi di seluruh Indonesia.

Pelanggan membayar per malam tetapi dapat juga menyewa per jam di beberapa lokasi. Bobobox telah berkembang dari pod hotel ke penyewaan kabin di hutan, yang disebut Bobocabin, dan campervan, Bobovan.

2. Beau Bakery

Kategori: Food & Hospitality

Tahun didirikan: 2015

CEO: Talita Setya

Pendukung utama: SEAF Women's Opportunity Fund

Didirikan oleh lulusan Le Cordon Bleu, Beau adalah merek toko roti dan kafe yang mengoperasikan restoran dan memproduksi roti dan kue-kue artisanal menggunakan bahan-bahan lokal. Dioperasikan Cahaya Mahakarya Lestari, Beau memiliki misi untuk melatih dan mengembangkan bakat. Pada tahun 2019, Beau memperoleh pendanaan dari SEAF Women's Opportunity Fund.

3. Dekoruma

Kategori: E-commerce & Retail

Tahun didirikan: 2015

CEO: Dimas Harry Priawan

Pendukung utama: Foundamental, InterVest, OCBC NISP Ventura

Dekoruma Inovasi Lestari telah mengembangkan platform e-commerce dari hanya furnitur menjadi one-stop-shop untuk rumah dan tempat tinggal, termasuk layanan arsitektur dan daftar penjualan perumahan. Tahun lalu, dia mengantongi pendanaan pra-seri C yang dirahasiakan dari InterVest, Foundation, OCBC NISP Ventura, Skystar Capital, dan lainnya.

4. Evermos

Kategori: E-commerce & Retail

Tahun didirikan: 2018

CEO: Iqbal Muslimin

Pendukung utama: Alpha JWC Ventures, Jungle Ventures

Evermos, adalah platform perdagangan sosial yang berfokus pada produk Muslim, menghubungkan konsumen dengan pengecer dan merek yang menawarkan barang halal. Dalam dua tahun Evermos mampu menarik 500 merek dan jaringan 75.000 pengecer yang dibayar dengan komisi.

5. Otoklix

Kategori: Logistik & Transportasi

Tahun didirikan: 2019

CEO: Martin Reyhan Suryohusodo

Pendukung utama: Sequoia Surge

Otoklix menghubungkan pemilik mobil di Indonesia dengan bengkel mobil terpercaya dengan harga standar dan transparan.

Dikatakan telah bermitra dengan lebih dari 1.300 bengkel untuk memperbaiki lebih dari 10.000 mobil per bulan. Perusahaan mendapat komisi untuk setiap pemesanan dan potongan suku cadang yang dijual ke toko

6. Populix

Kategori: E-commerce & Retail

Tahun didirikan: 2018

CEO: Timothy Astandu

Pendukung utama: Intudo Ventures, Pegasus Tech, Quest Ventures

Melalui platform penelitiannya, Populix mengatakan telah menghubungkan bisnis dengan 260.000 pembeli Indonesia yang didorong untuk berbagi wawasan mereka. Dari 2019 hingga 2020, dikatakan pendapatan tumbuh lebih dari 380 persen.

Pada bulan April, Populix menyelesaikan putaran pra-seri A senilai $1,2 juta dengan Intudo Ventures dan Quest Ventures.

7. PrivyID

Kategori: Teknologi

Tahun berdiri: 2016

CEO: Marshall PribadiPendukung Utama: Google untuk Startup, Mandiri Capital Indonesia, Telkomsel

Privy Identitas Digital adalah penyedia identitas digital terkemuka di Indonesia dan menyediakan tanda tangan digital yang mengikat secara hukum. Layanannya digunakan oleh bank, telekomunikasi dan perusahaan kesehatan. PrivyID baru saja lulus dari inkubator Google for Startups.

8. Sampingan

Kategori: Pendidikan & Rekrutmen

Tahun berdiri: 2018CEO: Wisnu Nugrahadi

Pendukung utama: Altara, Antler, Golden Gate Ventures

Sampingan menghubungkan perusahaan dengan pekerja lepas untuk melakukan pekerjaan paruh waktu dan penuh waktu.

Sejauh ini, Sampingan telah mengantongi total dana USD 7,1 juta dari investor termasuk Altara, Antler dan Golden Gate Ventures. Ini beroperasi di 80 kota di Indonesia, dengan klien yang mencakup GoTo dan Unilever.

Sumber: Liputan6.com

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading