Penelitian Membuktikan, Sayang Hewan Peliharaan Tanda Kamu Punya Otak Cerdas

Febi Anindya Kirana13 Agu 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 13 Agu 2021, 16:15 WIB
perempuan dan kucing

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak yang sadar bahwa memiliki hewan peliharaan di rumah ternyata memiliki dampak mengejutkan bagi kesehatan mental seseorang, penelitian bahkan membuktikan bahwa punya hewan peliharaan membuatmu tak pernah merasa kesepian.

Namun bagaimana dengan kecerdasan seseorang? Meskipun tampak tak ada hubungannya sama sekali, ternyata memiliki hewan peliharaan memberi tanda IQ tinggi.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2017 dan dimuat dalam Human-Animal Interaction dengan judul Personality Differences between Dog People and Cat People menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki kecerdasan otak lebih tinggi dibandingkan orang yang tak memiliki hewan peliharaan di rumah.

Punya hewan peliharaan tanda memiliki IQ Tinggi

Hewan Peliharaan Anjing
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Penelitian tersebut melibatkan 418 partisipan, sebanyak 66 orang pecinta kucing memperoleh skor lebih tinggi dalam tes IQ untuk mengukur kemandirian, abstraksi, dan kecerdasan umum. Sedangkan mereka yang menganggap diri mereka sebagai pecinta anjing memperoleh skor lebih tinggi dalam EQ untuk kehangatan, keberanian sosial, dan keaktifan.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Anthrozoos A Multidisciplinary Journal of The Interactions of People & Animals tahun 2010 menemukan bahwa pecinta anjing mendapat skor tinggi dalam Big Five personality traits dalam hal ekstraversi, keramahan, dan ketelitian. Sedangkan pecinta kucing mendapatkan skor tinggi dalam keterbukaan dan neurotisisme.

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa jika kamu memiliki hewan peliharaan di rumah (baik anjing maupun kucing), itu tanda kamu memiliki kecerdasan otak yang tinggi daripada orang lain yang tak benci hewan peliharaan, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela