Menurut Penelitian, Selalu Merasakan Ini Tanda Kamu Punya Otak Cerdas

Febi Anindya Kirana14 Agu 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 14 Agu 2021, 16:15 WIB
perempuan cerdas

Fimela.com, Jakarta Orang akan bertambah pintar ketika mau belajar banyak hal. Namun mengukur seberapa cerdas otak seseorang terkadang bukan hanya dari seberapa besar pencapaian yang ia peroleh selama sekolah, tapi bisa juga dari keingintahuannya yang besar tentang banyak hal.

Jika kamu pernah bertemu seseorang yang selalu punya rasa penasaran atau keingintahuan besar akan berbagai hal, itu tanda ia punya kecerdasan otak yang tinggi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Individual Differences menemukan bahwa mereka yang punya rasa ingin tahu yang besar ternyata juga punya otak yang cerdas dibandingkan orang-orang pada umumnya.

Selalu 'kepo' tanda otakmu cerdas

perempuan ambisius
ilustrasi perempuan karier/copyright by Dean Drobot (Shutterstock)

Penelitian yang dilakukan di Goldsmiths University of London ini menunjukkan bahwa seseorang dengan rasa penasaran yang besar selalu terdorong untuk belajar terus-menerus tentang banyak hal. Karena alasan itulah ia juga memiliki wawasan atau pengetahuan yang lebih luas dan mendalam sehingga kognitifnya juga mengalami pertumbuhan yang aktif.

Ketika dihadapkan pada tes IQ, orang-orang yang punya keingintahuan besar selalu memiliki skor IQ yang tinggi. Ini menandakan bahwa orang-orang yang kepo ternyata juga punya lebih cerdas.

Penelitian di bidang psikologi dari Georgia Tech yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Cognition juga menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki rasa ingin tahu yang besar lebih toleran terhadap ambiguitas, memiliki sikap fleksibel dan pikiran terbuka terutama yang membutuhkan gaya berpikir yang modern.

Jadi, jika kamu sejak kecil sudah punya rasa penasaran yang tinggi dan ingin tahu banyak hal, ini tanda otakmu lebih cerdas dari yang kamu kira.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela