Mampu Temukan Ini dalam Gambar, Tanda Otak Cerdas Menurut Penelitian

Febi Anindya Kirana16 Agu 2021, 17:15 WIB
Diperbarui 16 Agu 2021, 17:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Ada banyak sekali tes yang mampu menguji kecerdasan otak seseorang, bukan hanya tes akademik dan psikotes. Salah satu tes yang bisa menunjukkan tingkat kecerdasan seseorang adalah tes optik. Terkadang kita perlu diuji kejelian dan ketelitian mata untuk menemukan sesuatu di dalam gambar.

Sebuah tes sederhana dibuat oleh tim dari Johns Hopkins University yang mencoba mengungkap seberapa cepat kinerja penglihatan dan kecerdasan seseorang. Orang yang mampu menemukan huruf kapital 'T' dalam gambar ini kurang dari 10 detik dianggap cerdas secara alami.

Temukan T kurang dari 10 detik

huruf T tersembunyi
copyright by Johns Hopkins University

Jika orang tak bisa menemukan huruf T tersebut, maka mereka membutuhkan bantuan untuk memfokuskan pikiran mereka terhadap sesuatu yang diperintahkan. Para peneliti dari Science of Learning Institute ini juga menyebutkan bahwa mengetahui apa yang tidak perlu dicari bisa sangat membantu.

Peneliti mengatakan kepada para partisipan tes bahwa huruf T tersebut tidak berwarna merah. Setelah itu partisipan diminta menemukan lagi di dalam gambar tersebut. Hasilnya, mereka menemukan huruf T lebih cepat dari sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa ketika orang diberi waktu untuk memahami bahwa ada sesuatu yang bisa diabaikan sebelum mulai tes maka mereka dapat mencari lebih cepat dan efisien.

Bagi orang yang cerdas, informasi tambahan atau clue tersebut tidaklah penting. Mereka bisa menemukan dengan mudah huruf yang tersembunyi di antara banyaknya warna dan pola yang menutupi di dalam gambar.

Jadi jika kamu merasa cerdas, coba temukan huruf 'T' kurang dari 10 detik. Jika bisa maka kamu cerdas, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela