Sukses

Lifestyle

21 Rekomendasi Novel Remaja Best Seller yang Wajib Dibaca

Fimela.com, Jakarta Membaca novel memiliki banyak manfaat untuk para remaja. Seperti untuk hiburan diwaktu luang, meningkatkan rasa empati, mengolah imajinasi, meningkatkan pengetahuan, memahami realitas kehidupan, bahkan bisa menjadi semangat atau motivasi dalam kehidupan.

Dalam novel remaja, penulis akan menyuguhkan tokoh-tokoh yang berhubungan dengan masa-masa remaja, hingga kisah-kisah kehidupan yang sering dialami para remaja. Sehingga pembaca dapat memahami isi cerita dengan mudah.

Ada beberapa genre dalam novel remaja atau teenlit, yang dapat dibaca para remaja, seperti novel romantis yang menceritakan kisah cinta dimasa sekolah, novel horor yang penuh misteri dan teka-teki, novel tentang keluarga, dan masih banyak lagi. Berikut rekomendasi novel remaja best seller, yang wajib dibaca:

Rekomendasi Novel Remaja Best Seller

1. Dilan

Rekomendasi novel remaja best seller yang pertama, yaitu novel berjudul Dilan karya Pidi Baiq. Novel ini terdapat beberapa seri yang bisa dibaca, yaitu Dia adalah Dilanku tahun 1990 terbit tahun 2014, Dilan Bagian Kedua: Dia adalah Dilanku Tahun 1991 terbit tahun 2015, dan Milea: Suara dari Dilan terbit tahun 2016.

Novel ini berkisah tentang kisah cinta remaja di era tahun 1990-an. Novel ini sangat sukses dan banyak diminati para pembaca, sehingga diadopsi menjadi film layar lebar. Banyak juga orang yang bernostalgia saat membaca novel Dilan.

2. Teman Tapi Menikah

Teman Tapi Menikah adalah novel yang ditulis oleh Ayudia dan Ditto. Novel ini sangat menarik, karena berdasarkan kisah nyata dari penulisnya yang merupakan sepasang suami istri. Setelah sukses dengan novel pertamanya, yang berisi tentang masa PDKT dan jadian, maka diterbitkanlah novel kedua yaitu Teman Tapi Menikah: Living in a Campervan.

Novel yang kedua menceritakan tentang masa-masa Ayudia dan Ditto setelah menikah, lalu melakukan perjalanan dengan campervan hingga luar negeri. Bahkan novel ini sudah diadopsi menjadi film layar lebar, yang sukses mengambil hati para penonton.

3. Mariposa

Mariposa merupakan novel yang awalnya ditulis oleh Luluk HF di aplikasi Wattpad. Hingga akhirnya novel ini diterbitkan menjadi buku fisik, dan diadopsi menjadi film layar lebar. Novel remaja ini menceritakan tentang kisah cinta para remaja yang dibumbui komedi.

Novel yang menceritakan tentang kisah Acha perempuan agresif, yang mengejar Iqbal seorang lelaki cuek ini, sangat sukses membuat para pembaca baper, karena ceritanya yang ringan dan seru.

Rekomendasi Novel Remaja Best Seller

4. Negeri 5 Menara

Rekomendasi novel remaja best seller yang selanjutnya, yaitu novel dengan judul Negeri 5 Menara, karya dari Ahmad Fuadi. Novel best seller yang cocok dibaca para remaja ini, menceritakan tentang persahabatan para santri di pesantren.

Membaca novel ini bisa membuat para remaja menjadi lebih bersemangat dalam menuntut ilmu, karena ada banyak motivasi dan pelajaran yang terdapat dalam setiap paragrafnya. Sehingga novel ini selalu berada di rak buku best seller.

5. Bumi

Bumi adalah novel remaja best seller, karya dari penulis ternama yaitu Tere Liye, yang novelnya selalu sukses menduduki urutan best seller. Novel bumi menceritakan tentang perjalanan 3 sahabat di dunia paralel, yang dikemas dengan cerita petualangan yang seru.

Novel bumi ini terdiri dari beberapa seri yang bisa dibaca para remaja, karena ada banyak perjalanan dan misteri yang ditemukan dalam seri novel Bumi ini. Ada sekitar 11 novel seri bumi yang wajib dibaca para remaja.

6. Dear Nathan

Dear Nathan adalah novel remaja karya dari Erisca Febriani. Awalnya novel ini dipublikasikan di aplikasi Wattpad, yang akhirnya berhasil diterbitkan menjadi bukut fisik. Novel ini mengisahkan tentang kisah kasih para remaja di SMA, persahabatan, pelajaran kehidupan dan pentingnya untuk selalu menghargai perasaan.

Setelah sukses meraih peringkat sebagai novel best seller, akhirnya novel Dear Nathan diadaptasi menjadi film layar lebar, dan banyak ditonton para remaja, karena ceritanya menyentuh hati dan bikin baper.

Rekomendasi Novel Remaja Best Seller

7. Fairish

Rekomendasi novel remaja best seller yang selanjutnya, yaitu berjudul Fairish karya dari Esti Kinasih. Novel ini menceritakan sebuah kisah cinta remaja, dengan jungkir baliknya dunia Fairish, seorang perempuan yang berpura-pura menjadi pacar Davi, yang memiliki sifat cuek, hingga muncul masalah saat Alfa hadir dan jatuh cinta padanya.

Novel best seller ini juga menceritakan tentang persoalan persahabatan, romansa, dan keluarga, yang sangat relate dengan kehidupan para remaja. Bahasa yang digunakan dalam cerita pun mudah dipahami dan ringan untuk dibaca.

8. Sunshine Becomes You

Sunshine Becomes You adalah novel remaja karya Ilana Tan. Novel ini diterbitkan pertama kali tahun 2012, yang menceritakan tentang kisah Alex Hirano dan Mia Clark. Mereka berdua bertemu dengan tragedi Mia terjatuh dari tangga dan menimpa tubuh Alex, hingga tubuh Alex terkilir dan membatalkan konsernya.

Demi mendapatkan permintaan maaf Alex, maka Mia rela bekerja di apartemen milik Alex, dan Alex memperlakukan Mia seperti pembantunya. Dari kebencian, akhirnya perasaan Alex berubah pada Mia, begitu juga dengan Mia pada Alex. Ada banyak hal yang membuat penasaran dalam novel Sunshine Becomes You, sehingga novel ini banyak digemari para pembaca.

9. Kata

Rekomendasi novel remaja best seller berjudul Kata, merupakan novel karya dari Nadhifa Allya Tsana yang memiliki nama pena Rintik Sedu. Novel ini menceritakan tentang Binta yang hidup bersama dengan ibunya yang mengidap penyakit Skizofrenia. Binta memiliki kehidupan yang sangat kelam setelah ayahnya meninggal. Baik di rumah maupun di kampus, kehidupan Binta sangat tidak menyenangkan.

Binta sangat senang menghabiskan waktu dengan kesendiriannya. Hingga akhirnya ia bertemu dengan Nugraha, yang mengubah kehidupannya menjadi lebih baik. Tetapi Binta bertemu dengan Biru, seseorang dari masa lalunya yang hubungannya masih menggantung tanpa kejelasan.

Rekomendasi Novel Remaja Best Seller

10. Segi Tiga

Segi Tiga adalah novel karya pujangga legendaris bernama Sapardi Djoko Damono. Novel ini terbit pada tahun 2020, yang menceritakan tentang kisah cinta rumit antara Suryo, Gendis, dan Noriko. Dengan membaca novel ini, pembaca akan memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dari ketiga tokoh yang diceritakan.

11. The Supernumerary Project

Novel remaja yang selanjutnya adalah The Supernumerary Project karya Aranindy. Novel ini memiliki genre komedi romantis, yang bisa menghibur para pembacanya. Novel ini menceritakan tentang kehidupan dunia pertelevisian di Indonesia, yang sangat erat dengan kenyataan. Alur cerita dalam novel ini ditulis dengan menarik, dengan bahasa yang ringan dipahami pembacanya.

12. Pergi

Novel berjudul pergi karya Tere Liye, adalah novel yang mengisahkan tentang menemukan tujuan jalan hidup, yang penuh dengan kenangan dan pertarungan hidup atau mati.  Sebaiknya pembaca juga membaca novel remaja karangan Tere Liye berjudul Pulang.

Rekomendasi Novel Remaja Best Seller

13. Rapijali 

Novel ini salah satu menjadi best seller ditahun 2021. Mengisahkan remaja bernama Ping yang tinggal bersama kakeknya di tepi Sungai Sijulang. Menariknya rumah mereka yang ditinggali memiliki beraneka macam musik. Namun Ping memiliki kegelisahan tentang masa depannya. Ia merasakan hidupnya yang tidak karuan saat ia harus pergi ke Jakarta dan tinggal bersama keluarga calon Gubernur.

14. The Star and I 

Selanjutnya ada salah satu novel bestseller. Novel ini menceritakan tentang kisah Olivia Mitchell yang berada di New York untuk melakukan pekerjaannya sebagai seorang aktris teater. Namun ia juga harus mencari tahu keberadaan orang tua kandungnya. Tiba-tiba ada teman masa kecilnya yang mengulurkan bantuan Olivia untuk mencari keberadaan orang tuanya yaitu Rez Rankin, salah satu cinta pertamanya.

15. Wingit

Siapa yang tak kenal dengan Sara Wijayanto. Salah satu orang yang menyukai dunia mistis dan berhasil membuat karya tulisan dalam bentul novel Wingit. Dalam buku ini ia menuliskan 7 lebih hantu yang pernah ia temui bersama timnya.

Rekomendasi Novel Remaja Best Seller

16. Mozachiko

Alister reygan salah satu laki-laki paling populer di sekolahannya dan menjadi idaman para siswi. Bukan hanya sekedar tampan ia juga masuk dalam sebuah geng yaitu “Penguasa Sekolah”. Namun nasib sial harus menimpa teman sekelasnya yaitu Annastasia, ia selalu menjadi korban bullying oleh gengnya. Alister sebagai ketua geng selalu paling kasar dan semangat untuk membully Anna.

17. Teluk Alaska

Chiko Gadangga, siswa yang paling keras kepala dengan segudang masalah di sekolahannya. SMA Rajawali merupakan tempat ia bertemu dengan siswi paling hiperaktif, culun, dan super ceria seperti Moza Adisti.

Sejak ditolong oleh Chiko, Moza memiliki tekad agar Chiko menyukainya. Namun, Chiko selalu menyakiti hari Moza dengan perlakuan dan kata-kata kasarnya. Namun hal ini membuat Moza sadar bahwa perjuangannya tidak dihargai, akankah Chiko merindukan Moza karena tingkahnya?

18. Galaksi

Galaksi Aldebaran, ketua geng Ravispa yang paling gagah dan pemberani serta tempat berkumpulnya murid-murid nakal dan tukang berontak di SMA Ganesha. Mereka selalu berselisih paham dengan Avegar, salah satu geng miliki SMA Kencana.

Hadirnya Kejora di hiduo Galaksi tentu merubah hari-hari nya yang suram menjadi berwarna. Kedekatan yang terdengar sangta mustahil namun begitu nyata. Hidup dengan dibeda-bedakan oleh orang tuanya membuat Galaksi mempunyai sifat keras kepala termasuk ke Kejora salah satu perempuan yang ia suka.

Rekomendasi Novel Remaja Best Seller

19. Resaka

“Bicara baik atau diam” ucap resaka saat Delvita berbicara kasar. Pernah membayangkan bagaimana kita berjodoh dengan seseorang yang memiliki trauma? Trauma yang pernah ia alami membuatnya sempat ingin mengakhiri hidup. Delvita, seorang perempuan yang sangat mencintai Resaka, sedangkan ia mencintai dengan cara sederhana. Hal ini bukan tentang siapa yang paling menderita atau banyak bekorban, melainkan siapa yang paling sanggup untuk bertahan. Lalu bagaimana reaksi Delvita saat mengetahui rahasia kelam Resaka terkait traumanya?.

20. Titik Potong

Ariyanto menjalani mas SMA-nya dengan banyak hura-hura dan ia berniat memperbaiki masa SMA tersebut saat kuliah. Ia bertemu dengan Nunug perempuan yang suka bermain sulap dan Ihsan si kutu buku. Selain itu ia juga menjalin kedekatan dengan perempuan agamis yang bernama Nurma. Ketika ariyanto ingin membenahi diri, Nurma justru menghilang dari pandangannya. Untuk tidak memikirkan patah hatinya, Ariyanto merantau ke Jakarta untuk membantu menyelesaikan masalah teman-temannya. Namun, ia bertemu dengan Nurma dengan kondisi yang berbeda.

21. When It's Real

Karier Oakley Ford dihadapkan dengan banyak masalah, sudah 2 tahun ia tidak merilis album dan followersnya berkurang banyak. Namun ia tidak ingin mengahiri kariernya sebelum 20 tahun. Pihak manajemen menyarankan ia untuk mencari pacar bohongan demi strategi promosi. Oakley memilih Vaughn Bennet untuk menjadi pacar bohongannya, dibayar mahal demi mencukupi kehidupannya. Akankah ada perasaan diantara mereka berdua?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading