5 Alasan Hidupmu sebagai Perempuan Dewasa Terasa Lebih Rumit dari Sebelumnya

Endah Wijayanti20 Agu 2021, 09:45 WIB
Diperbarui 20 Agu 2021, 09:45 WIB
perempuan dan cinta bertepuk sebelah tangan

Fimela.com, Jakarta Semakin dewasa, kita akan dihadapkan kepada berbagai masalah baru. Makin banyak hal yang harus kita hadapi dan selesaikan sendiri. Begitu banyak urusan yang sering membuat kita kewalahan. Bahkan hidup rasanya makin rumit saja.

Hm, kenapa hidupmu sebagai perempuan dewasa bisa lebih rumit dari sebelumnya? Apakah ada yang salah dengan hidup saat ini? Alasan dan faktor penyebabnya bisa sangat beragam, tapi umumnya kerumitan itu berasal dari lima hal ini. Yuk, coba pahami lagi supaya kita tidak makin stres atau tertekan menjalani hari-hari kita.

“If you accept life in all its fullness and ambiguity, it’s not complicated; it’s only complicated if you don’t accept it.” -Marty Rubin

1. Terlalu Sering Membanding-bandingkan Kehidupan

Terlalu sering membanding-bandingkan diri dengan orang lain hanya akan menambah beban kita sendiri. Akan selalu ada hal yang tampak lebih hebat dan lebih baik dari kita. Selalu ada hal-hal yang akan membuat kita rendah diri. Terlalu sering membanding-bandingkan kehidupan sendiri dengan orang lain hanya akan menambah kerumitan hidup kita sendiri. Perlahan-lahan coba untuk lebih fokus jalani hidup kita sendiri dengan lebih baik saja, ya.

2. Mudah Mencemaskan Hal-Hal yang Belum Terjadi

Terlalu mudah khawatir hanya akan membuat kita merasa makin stres. Mudah mencemaskan hal-hal yang belum terjadi cuma akan membuat kita merasa hidup ini makin rumit dari waktu ke waktu. Kita terlalu membesar-besarkan persoalan yang sebenarnya sederhana, hal inilah yang nantinya cuma akan membuat hidup ini terasa makin berat dan rumit.

3. Terlalu Memaksakan Diri Mengontrol Segala Sesuatu

cinta bertepuk sebelah tangan perempuan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/wilaiporn+Hancharoenkul

Dulu kita mungkin berpikir menjadi dewasa artinya memiliki kemampuan mengontrol segala sesuatunya dengan lebih mudah. Akan tetapi, kenyataannya tidak semua hal bisa kita kendalikan. Ada hal-hal yang bisa kita kendalikan, dan realitas ini perlu kita terima. Maka, penting untuk kembali menyadarkan diri bahwa ada hal-hal yang terjadi di luar keinginan kita. Ada hal-hal yang terjadi di luar ekspektasi kita, dan itu merupakan sesuatu yang wajar.

4. Mencoba Memenuhi Harapan Semua Orang

Sungguh makin rumit hidup ini rasanya jika kita selalu memaksakan diri memenuhi harapan semua orang. Memang makin dewasa kita, makin banyak tuntutan yang akan kita terima. Akan tetapi, kita takkan pernah bisa memenuhi harapan dan ekspektasi semua orang. Kita tak bisa selalu sempurna di mata semua orang. Jadi, daripada makin stres dengan kerumitan itu, ada baiknya untuk kembali fokus pada memperjuangkan prioritas-prioritas yang lebih penting dalam hidup.

5. Kerap Menyalahkan Diri Sendiri

Ada masa lalu yang kelam. Ada kesalahan fatal yang pernah dilakukan. Ada pilihan dan keputusan yang salah yang pernah diambil. Semua itu bisa membuat kita kerap menyalahkan diri sendiri. Kalau kita terus menyalahkan diri sendiri seperti itu, kita hanya akan makin memperumit keadaan. Maka, cobalah untuk lebih menyayangi dirimu. Seiring bertambahnya usia, kita akan menyadari bahwa orang pertama yang perlu dicintai adalah diri sendiri.

Meski tidak selalu mudah menjalani semuanya, semoga kita bisa selalu kuat dan tegar menghadapi semua ujian kehidupan yang ada, ya. Yakinlah bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan yang akan kita dapatkan dalam hidup ini. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela