5 Langkah Sederhana untuk Menjadi Perempuan yang Tenang Jalani Hidup

Endah Wijayanti20 Agu 2021, 10:45 WIB
Diperbarui 20 Agu 2021, 10:45 WIB
perempuan dan menenangkan diri

Fimela.com, Jakarta Tidak setiap saat kita selalu tenang dalam menjalani keseharian, dan itu adalah sesuatu yang wajar. Namanya hidup pasti ada hal-hal tak terduga yang akan kita hadapi. Bahkan berbagai kejutan dan ujian kehidupan kadang membuat kita kewalahan dan makin tak tenang. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada cara yang bisa kita lakukan demi bisa menjalani hidup dengan lebih tenang.

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa diambil dan dilakukan agar menjadi perempuan yang lebih tenang dalam menjalani hidup. Kita bisa memilih cara atau langkah yang menurut kita lebih mudah untuk dilakukan lebih dulu. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini, ya.

1. Membuat Daftar Prioritas yang Jelas

Coming up with clear priorities for your life means that decisions are easier. You know who is most important to you, and which values you want to focus on with your goals. -lifehack.org

Apa prioritas paling penting untukmu saat ini? Ini bisa berkaitan dengan pendidikan, pekerjaan, atau bahkan soal pernikahan. Ada baiknya untuk membuat prioritas yang lebih jelas. Prioritas ini bisa berubah dari waktu ke waktu. Tapi setidaknya dengan mengetahui prioritas hidupmu, kamu tahu arah yang akan kamu tuju. Dengan mengetahui prioritas hidup, kamu bisa menetapkan target untuk dicapai dan tidak membuatmu mudah kehilangan arah.

2. Melakukan Olahraga Rutin

Berolahraga telah terbukti meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan Depresi, kecemasan dan stres. Ini menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan. Selain itu juga dapat meningkatkan sensitivitas otak untuk hormon serotonin dan norepinefrin, yang menghilangkan perasaan depresi. Berolahraga rutin menjadi satu hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan. Saat kesehatan sudah terjaga dengan baik, kamu akan lebih siap jalani keseharian dan aktivitasmu tiap harinya dengan lebih bugar.

3. Miliki Hobi yang Menyenangkan

perempuan di pagi hari
ilustrasi./copyright by Tong_stocker (Shutterstock)

Hobi merupakan aktivitas menyenangkan yang bisa berdampak positif terhadap kesehatan mental kita. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Society of Behavioral Medicine, diketahui bahwa seseorang yang melakukan hobinya, memiliki detak jantung dan tingkat stres yang lebih rendah. Seseorang yang memiliki hobi stres 34 persen lebih sedikit, dan kesedihan 18 persen lebih sedikit daripada mereka yang tidak. Setidaknya dengan punya satu hobi yang menyenangkan, kita bisa menciptakan kebahagiaan sendiri ketika pikiran sedang jenuh atau stres. Sehingga ketenangan bisa kita dapatkan kembali.

4. Mengatur Waktu untuk Bekerja dan Beristirahat dengan Seimbang

Bekerja dan beristirahat sama-sama pentingnya. Kita perlu bekerja, dan kita juga butuh beristirahat. Dengan memiliki keseimbangan mengatur keduanya kita bisa lebih tenang jalani hidup. Dengan cukup istirahat, bekerja bisa lebih bersemangat. Dengan bekerja yang cukup, kita bisa memaksimalkan upaya terbaik kita untuk aktualisasi diri.

5. Sadari bahwa Tiap Orang Punya Zona Waktunya Sendiri

“Do not let the behavior of others destroy your inner peace.” —Dalai Lama.

Maksudnya adalah jangan sampai kita terus membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Terlalu sering membuat perbandingan hanya akan membuat kita makin tidak tenang jalani hidup. Tiap orang punya zona waktunya tersendiri, baik dalam urusan pendidikan, pekerjaan atau karier, pencapaian, hingga pernikahan. Maka, sadari hal ini dengan sebaik mungkin ya biar hidup nggak terlalu gampang stres lagi.

Semoga dengan langkah-langkah sederhana di atas, kamu bisa mendapatkan ketenangan hidup  yang kamu inginkan. Jalani hidup ini dengan sebaik-baiknya karena semuanya masih layak untuk diperjuangkan.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela