Sukses

Lifestyle

Kisah Briptu Windy, Polwan Polda NTT Pertama yang Jadi Pasukan Khusus PBB

Fimela.com, Jakarta Seorang polwan polda asal NTT, Briptu Wilhelmina Christanti Manafe sukses menjadi sukses menjadi pasukan khusus PBB. Perempuan yang akrab disapa Windy ini menjadi polwan pertama perwakilan Polda NTT yang lolos terpilih sebagai pasukan Satgas Garbha 2 FPU XII UNAMID di El-Fasher, Sudan, Afrika, dalam formasi pasukan Taktis.

"Bagi saya pribadi, menjadi seorang pasukan taktis merupakan hal baru karena keseharian saya di satuan kerja asal adalah, sebagai seorang staf keuangan di Biro SDM Polda NTT. Yang mana job descriptionnya berbeda sekali dengan seorang pasukan yang notabene selalu di lapangan," kata polwan Windy, dikutip dari Merdeka.com.

Windy bercerita, untuk mencapai posisi ini tidaklah mudah, dibutuhkan proses yang panjang. Dimulai saat dinyatakan lulus hingga mengikuti kegiatan latihan pra tugas (Latpragas), pada bulan Oktober 2019.

Kemudian di bulan Maret 2020, dilangsungkan upacara pembaretan. Kala itu, upacara pembaretan dilangsungkan oleh Jenderal Polisi Idham Aziz, yang kala itu menjabat sebagai Kapolri,. Dia berangkat ke Sudan pada bulan September 2020.

Saat itu pemberangkatan mereka sempat mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19. " Semula keberangkatan yang dijadwalkan awal bulan Maret 2020, malah diundur hingga bulan September 2020. Karena pada saat itu kasus Covid-19 sedang meningkat," ungkap Windy.

Tugas Harian

Keseharian Windy di daerah misi yakni, melaksanakan patroli, pengawalan, piket observation post, dan piket food and beverage (manase).

Ia pun bercerita, segala tugas tersebut dilakukan secara bergilir sesuai jadwal yang telah dibuat.

" Bangga sekali rasanya diberi kesempatan untuk dapat bergabung menjadi seorang Peacekeeper Polri. Tentu saja semua yang telah saya capai hingga saat ini bukan karena saya sendiri, melainkan karena ada campur tangan dan penyertaan Tuhan dalam hidup saya," ujar jebolan SMKN 1 Kupang ini.

Bercita-cita Jadi Peacekeeper Sejak Kecil

Windy mengaku, sebelumnya ia pernah bermimpi untuk bisa bergabung menjadi seorang peacekeeper Polri dan sekarang mimpinya menjadi kenyataan.

" Puji Tuhan, Tuhan menjawab doa saya. Jangan pernah berhenti bermimpi, yakinkan dirimu bahwa dirimu sanggup and make it happen. Dan satu lagi selalu perlu diingat adalah libatkan Tuhan dalam setiap harimu."

" Saya mengutip dari salah satu ayat di Alkitab favorit saya 'Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan dari kitab Yeremia 17:7,' tutup Windy.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading