9 Rekomendasi Buku Non Fiksi yang Menarik untuk Dibaca

Kezia Prasetya Christvidya03 Des 2021, 10:19 WIB
Diperbarui 03 Des 2021, 10:19 WIB
membaca-kezo

Fimela.com, Jakarta Buku non fiksi merupakan sebuah buku yang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya, karena berdasarkan tentang fakta dan kejadian yang nyata. Berbeda dengan buku fiksi yang ditulis berdasarkan imajinasi dari penulisnya.

Buku non fiksi memiliki beberapa genre yang berbeda, seperti biografi, self improvement, science, parenting, dan lain sebagainya. Buku non fiksi sangat menarik untuk dibaca, karena bisa menambah wawasan dan ilmu bagi setiap orang yang membaca buku-buku non fiksi.

Melalui buku non fiksi, Sahabat Fimela dapat belajar melalui pengalaman penulis atau orang lain yang disebut dalam cerita, bisa melakukan sesuatu dengan panduan yang benar, mendapatkan berbagai macam tips untuk melakukan sesuatu, bahkan bisa mengembangkan diri dan merubah hidup menjadi lebih baik. Berikut rekomendasi buku non fiksi, yang menarik untuk dibaca:

 

Rekomendasi Buku Non Fiksi

membaca-kezo
ilustrasi membaca/George Milton/pexels

1. Mommyclopedia: 78 Resep MPASI

Rekomendasi buku non fiksi yang pertama, yaitu buku non fiksi dengan genre parenting, yang berjudul Mommyclopedia: 78 Resep MPASI, karya dari dr. Meta Hanindita, Sp.A. Membaca buku ini, bisa membantu ibu muda yang baru saja memiliki anak, untuk membuat MPASI yang menyehatkan dan bergizi, melalui beberapa resep yang ditulis oleh dokter spesialis anak.

2. The Book of Ikigai

Ikigai adalah istilah dari Jepang, untuk menjelaskan tentang kesenangan dan makna kehidupan. Membaca buku dengan judul The Book of Ikigai, karya dari Ken Mogi, dapat membantumu menemukan Ikigai yang ada dalam dirimu sendiri. Dengan membaca buku ini, kamu bisa menemukan harapan hidup, motivasi untuk mencapai impian, dan dapat menjalani kehidupan dengan lebih bermakna sesuai tujuan hidup.

3. I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki

Buku non fiksi I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki, karya dari Baek Se Hee, adalah buku best seller yang berasal dari Korea. Buku ini wajib dibaca, karena berisi tentang pengalaman hidup penulisnya yang mengidap distimia atau gangguan Depresi persisten, sehingga kehilangan minat untuk menjalankan kehidupan sehari-hari, putus asa, rendah diri dan tidak produktif.

Penulis menceritakan tentang pengalamannya dan harus pergi ke psikiater secara rutin. Melalui buku ini, penulis mengajak pembacanya untuk tetap mencintai diri sendiri, semangat menjalankan kehidupan, dan menjaga kesehatan mental agar hidup menjadi lebih baik.

Rekomendasi Buku Non Fiksi

membaca-kezo
ilustrasi membaca/Rachel Claire/pexels

4. Filosofi Teras

Rekomendasi buku non fiksi yang selanjutnya, yaitu buku Filosofi Teras karya dari Henry Manampiring. Buku ini sangat menarik untuk dibaca. Karena penulis mengajarkan untuk berhenti overthinking, dengan mengendalikan pikiran dan belajar filsafat stoisisme, yaitu filosofi-filosofi romawi kuno yang berasal dari filsafat Yunani.

Walaupun terdengar kuno karena mempelajari filosofi atau filsafat Yunani, tetapi isi buku ini dapat dipelajari dengan mudah, serta dipraktekkan dalam dunia modern, untuk mengontrol emosi dan pikiran-pikiran agar hidup lebih bahagia.

5. Lagi Probation: Menikmati Perjalanan Mencari Kerja

Kalau kamu lagi pusing mencari pekerjaan, buku dengan judul Lagi Probation: Menikmati Perjalanan Mencari Kerja, karya dari Samuel Ray, bisa membantumu mempermudah mencari pekerjaan sesuai yang diimpikan. Karena di dalam buku ini, tertulis cara-cara membuat CV hingga cara negosiasi dalam gaji.

Isi buku ini digambarkan dengan ilustrasi yang mudah dibaca para pembaca. Dengan gambaran, tips dan segala informasi tentang pekerjaan yang ada di Indonesia. Sehingga buku ini sangat wajib untuk dibaca, sebelum mencari pekerjaan.

6. Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa

Buku non fiksi berjudul Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa, karya dari James Clear, adalah buku non fiksi yang masuk dalam peringkat New York Times Best Seller, karena buku ini bisa membuat kehidupan seseorang menjadi lebih baik.

Melalui buku ini, kita dapat belajar tentang perubahan hidup menjadi lebih baik, dengan melakukan perubahan dari hal kecil. Tips yang ditulis dalam buku ini, sangat mudah untuk dipelajari dan dipraktekkan dalam kehidupan nyata.

Rekomendasi Buku Non Fiksi

membaca-kezo
ilustrasi novel/Kate Graur/pexels

 

7. The Danish Way of Parenting

Rekomendasi buku non fiksi yang selanjutnya, yaitu buku dengan judul The Danish Way of Parenting, karya dari Jessica Joelle Alexander & Iben Dissin Sandahl. Buku ini adalah buku non fiksi dengan genre parenting, sehingga cocok dibaca orang tua yang baru saja mengasuh anak.

Penulis mengajarkan tentang konsep parenting dengan beberapa prinsip, yaitu Play, Authenticity, Reframing, Empathy, No ultimatum, dan Togetherness & hygge. Melalui buku ini, kamu bisa membesarkan anak dengan menyenangkan dan tanggung jawab.

8. Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta

Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta adalah buku karya Alvi Syahrin. Buku non fiksi ini membahas tentang cinta dengan sudut pandang berbeda. Saat membaca buku ini, pembaca dapat memahami tentang arti cinta dan banyak pelajaran yang dapat diambil. Bahkan buku ini disertai dengan ilustrasi dan kertas berwarna yang menarik, sehingga pembaca tidak bosan membaca buku ini.

9. Loving the Wounded Soul

Jika kamu membutuhkan buku non fiksi tentang kesehatan mental, maka buku Loving the Wounded Soul sangat cocok dibaca olehmu. Buku ini ditulis oleh Regis Machdy yang bekerja sebagai dosen psikologi di Universitas Surabaya. Ia menceritakan pengalamannya saat mengalami depresi mayor dalam buku ini.

Selain itu, para pembaca dapat meningkatkan pengetahuan psikologi melalui buku ini, karena dalam buku ini juga membahas tentang HSP atau Highly Sensitive Person, dan membantu menemukan solusi untuk keluar dari pikiran yang negatif.

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela