Sukses

Lifestyle

Pengertian Buku Fiksi, Unsur-unsur dan Contohnya

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia karya sastra, terdapat buku yang terbagi menjadi jenis buku fiksi dan buku non fiksi. Buku-buku ini merupakan karya sastra yang isinya berbeda, tetapi banyak diminati para pembaca.

Biasanya buku fiksi ditulis dalam bentuk novel, cerpen, dan cerita rakyat. Dalam buku fiksi, ditulis berdasarkan dengan imajinasi penulis, yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kenyataannya.

Buku fiksi sangat menarik untuk dibaca, karena pembaca bisa turut berimajinasi seperti yang dideskripsikan oleh penulis dalam buku tersebut. Berikut pengertian buku fiksi, unsur-unsur dan contohnya, yang dilansir dari berbagai sumber:

Pengertian Buku Fiksi

Ada dua jenis buku yang dapat dibaca, yaitu buku fiksi dan buku non fiksi. Buku fiksi adalah buku yang ditulis berdasarkan imajinasi, khayalan atau rekaan penulisnya, yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya atau kenyataannya.

Berbeda dengan buku non fiksi. Buku non fiksi adalah sebuah buku yang ditulis oleh penulis, yang diambil berdasarkan kisah nyata, seperti sejarah, biografi, buku pengembangan diri, buku panduan dan sebagainya. Sehingga buku non fiksi lebih bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Buku fiksi biasanya berbentuk novel, cerita pendek, cerita rakyat, atau dongeng. Buku fiksi memiliki cerita yang menarik dan penuh dengan imajinatif, sehingga para pembaca dapat turut serta berkhayal dan melatih imajinasi saat membaca buku fiksi.

Unsur-Unsur Buku Fiksi

Dalam menulis buku fiksi, penulis harus mencantumkan unsur-unsur yang wajib ada dalam buku fiksi. Unsur utama yang terdapat dalam buku fiksi adalah tema. Tema merupakan ide pokok atau gagasan utama, yang dijadikan sebagai pondisi utama atau pokok pikiran sebelum menulis.

Kemudian dalam buku fiksi, terdapat unsur latar yang merupakan keterangan latar, waktu dan suasana yang digambarkan dalam buku fiksi. Tokoh juga merupakan unsur penting dalam buku fiksi, untuk menggambarkan setiap karakter yang ada dalam cerita fiksi tersebut. Tokoh dalam buku fiksi terbagi menjadi tokoh protagonis, antagonis dan tritagonis.

Unsur selanjutnya dalam buku fiksi adalah alur, yang membentuk jalan cerita menjadi maju, mundur atau maju mundur, untuk menggambarkan konflik yang terjadi dalam cerita tersebut. Lalu unsur gaya bahasa juga penting dalam buku fiksi, agar cerita tersebut lebih menarik untuk dibaca. Dan unsur yang terakhir adalah amanat. Walaupun ceritanya fiksi, tetapi harus terdapat pesan dan amanat yang disampaikan melalui tulisan dalam buku fiksi.

Contoh Buku Fiksi Best Seller

1. Harry Potter

Contoh buku fiksi best seller yang pertama, yaitu novel Harry Potter karya dari J.K. Rowling. Buku ini sangat populer di berbagai negara, bahkan diadaptasi menjadi serial film layar lebar. Buku fiksi ini terbagi menjadi beberapa seri, yang menceritakan tentang kisah petualangan 3 sahabat yaitu Harry Potter, Ron Weasley dan Emma Watson dalam sekolah sihir.

2. Bumi

Bumi adalah buku fiksi karya Tere Liye, yang menceritakan tentang petualangan 3 sahabat yaitu Raib, Ali dan Seli, yang menjelajah di dunia paralel. Ada terdapat 11 buku seri Bumi milik Tere Liye, yang sukses di pasaran dan selalu menduduki peringkat best seller. Bahkan buku fiksi ini juga diterbitkan dalam bahasa Inggris, dengan judul seri Eart.

3. Supernova

Buku fiksi yang selanjutnya adalah Supernova, karya dari Dee Lestari. Buku novel fiksi Supernova ini, merupakan buku seri yang terbagi menjadi 6 seri buku. Dalam buku fiksi best seller ini menceritakan tentang kisah dari tokoh penting yaitu Bodhi, Elektra, Zarah, dan Alfa.

4. Garis Waktu

Garis Waktu adalah novel fiksi karya Fiersa Besari, yang menceritakan tentang kisah perjalanan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Novel fiksi ini mengisahkan tentang tokoh Aku yang jatuh cinta dengan tokoh Kamu, namun tokoh Kamu mencintai orang lain. Sehingga tokoh Aku hanya bisa bersembunyi dibalik senyum persahabatan dengan Kamu.

5. Mariposa

Buku fiksi best seller yang terakhir, yaitu buku novel fiksi dengan judul Mariposa, karya dari Luluk HF. Mariposa adalah novel yang bercerita tentang kisah kasih para remaja, persahabatan dak kekeluargaan. Gaya bahasa yang digunakan sangat ringan, sehingga mudah dibaca dan dipahami alur ceritanya. Novel ini juga diadaptasi menjadi film layar lebar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading