Sukses

Lifestyle

Salut, Warga Yogyakarta Saling Berbagi di Tengah Pandemi Covid-19 Lewat Cantolan Sembako

Fimela.com, Jakarta Pandemi Covid-19 dan perpanjangan PPKM berdampak pada perekonomian masyarakat. Apalagi bagi mereka yang menggantungkan penghidupannya lewat pemasukan harian.

Setiap harinya, mereka harus berpikir bagaimana cara mendapat uang di tengah kondisi yang semakin karut. Berbagai upaya dilakukan masyarakat untuk membantu sesama yang kesulitan di tengah pandemi Covid-19 sebagai bentuk solidaritas.

Seperti halnya yang dilakukan oleh masyarakat Joga. Dalam video viral yang beredar di media sosial, terlihat warga dari RW 05 Blunyahrejo, Tegalrejo ini saling membantu sesama warga di tengah pandemi Covid-19 dengan membuat sebuah 'cantelan guyub'.

Cantelan guyub atau cantolan sedekah dibuat oleh warga untuk saling berbagi dengan meletakkan berbagai kebutuhan sembako dan bahan pokok lainnya seperti mie instan, sayuran mentah, tempe dll.

“Jogja memang Istimewa," tulis video tersebut, dikutip dari akun Twitter @JogjaBalkon_.

Wadah saling berbagi

Cantolan sembako ini menjadi wadah warga Yogyakarta untuk saling berbagi. Warga diperbolehkan mengisi setiap cantolan yang ada dengan sembako atau bahan pokok lainnya untuk dibagikan. Sementara, bagi warga yang membutuhkan diperbolehkan mengambil sembako atau bahan pokok yang digantung di cantolan sembako tersebut. 

"Cantelan Guyub Rukun RW/PKK RW 05 Blunyahrejo. Silahkan mengambil secukupnya saja ya!" Warga pun bisa berbagi dan mengambil secukupnya untuk dikonsumsi.

Kehadirannya mampu mempererat persaudaraan antar warga. Warga begitu antusias dengan adanya cantolan sembako tersebut. Mereka tampak hilir mudik, ada yang berbagi dan ada pula yang mengambil sesuai kebutuhan.

"Dan semua antusias ada yang berbagi ada yang mengambil. Idenya bagus banget sangat membantu sesama di kala pandemi ini," pungkasnya.

 

Tuai pujian dari warganet

Aksi tersebut, tentu tak luput dari perhatian netizen dan mendapatkan berbagai respon baik. Keberadaan cantolan sembako tersebut diharapkan dapat menjadi contoh oleh daerah lainnya agar bisa saling membantu antar warga di tengah pandemi.

"Jogja Emang Luar Biasa," tulis akun @BismaSembiring.

"Ini program ibuku sebagai ketua RW," tulis akun @Budenovi.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading