Sukses

Lifestyle

5 Perbedaan Cerpen dan Novel yang Perlu Dipahami

Fimela.com, Jakarta Cerpen dan novel adalah karya sastra yang berbeda. Dalam cerpen dan novel, memiliki makna tersendiri dan pesan moral, yang ingin disampaikan penulis menurut tulisannya.

Membaca cerpen dan novel bisa membuat orang menjadi terhibur karena jalan cerita yang menarik, meningkatkan imajinasi pembaca, dan mempelajari hal-hal berharga yang terdapat dalam ceritanya.

Cerpen dan novel memiliki kesamaan dalam genre ceritanya. Namun, juga memiliki beberapa perbedaan yang jelas, seperti panjang dan pendeknya halaman atau kata untuk membuat ceritanya. Berikut perbedaan cerpen dan novel, yang dilansir dari Merdeka.com:

 

Pengertian Cerpen

Cerpen atau cerita pendek adalah sebuah karya sastra pendek, yang memiliki panjang kata tidak lebih dari 10.000 kata. Cerpen juga bisa disebut dengan prosa naratif fiktif.

Cerpen memiliki ciri-ciri yang bersifat fiktif, jumlah kata yang digunakan dalam cerpen kurang dari 10.000 kata, pilihan kata yang digunakan mudah dipahami pembaca, menggunakan alur tunggal, dan terdapat pesan moral yang tersirat dalam cerita tersebut.

Beberapa cerpen dikumpulkan dan dijilid dalam satu buku, yang ditulis oleh satu atau lebih penulis. Dalam membaca cerpen, pembaca dapat menilai keindahan dalam setiap paragrafnya, terhibur dan mendapatkan pembelajaran dalam cerita pendek ini.

Pengertian Novel

Berbeda dengan cerpen atau cerita pendek, yang jumlah katanya tak lebih dari 10.000 kata, novel memiliki jumlah kata yang lebih dari 35.000 kata. Novel atau novella, adalah sebuah kisah atau cerita panjang, yang terinspirasi dari kisah nyata maupun fiktif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), novel adalah sebuah karya sastra, berbentuk karangan prosa panjang, yang menceritakan tentang sebuah kisah seseorang dan orang yang ada disekelilingnya.

Dalam novel, penokohan, latar, alur dan gambaran peristiwanya lebih kompleks, jelas dan mendetail. Sehingga pembaca dapat memahami serangkaian cerita lengkap dalam novel. Di dalam novel juga terdapat beberapa pesan penting, serta kutipan-kutipan yang dapat dijadikan pelajaran pembacanya.

 

Perbedaan Cerpen dan Novel

1. Penokohan

Perbedaan cerpen dan novel yang paling jelas, yaitu perbedaan dalam menggambarkan tokoh atau penokohan setiap karakter dalam cerita. Pada umumnya, penokohan dibedakan menjadi protagonis, antagonis dan tritagonis. Dalam cerpen, penulis hanya menonjolkan watak tokoh utama saja. Sedangkan penokohan dalam novel dijelaskan secara detail, karena jumlah tokoh yang ada di dalam novel lebih banyak daripada cerpen.

2. Alur

Alur yang digunakan dalam penulisan cerpen dan novel juga berbeda. Alur yang digunakan untuk novel adalah alur panjang, dengan ruang gerak yang tidak terbatas. Sehingga penulis bisa menceritakan kisah para tokoh dengan alur maju atau mundur dengan rumit dan dinamis.

Sedangkan dalam cerpen, alur yang digunakan sangat sederhana. Karena cerpen adalah cerita yang pendek, sehingga alurnya sederhana dengan ruang gerak yang sempit dan terbatas.

3. Latar

Latar yang digunakan untuk cerpen dan novel juga berbeda. Novel menggunakan latar tempat dengan jangkauan luas, dan latar waktu yang berbeda-beda. Sedangkan latar yang digunakan dalam cerpen sangat terbatas, sehingga gambaran ceritanya singkat, jelas dan terarah.

4. Tema

Untuk membuat novel, tema yang diangkat oleh penulis lebih kompleks, rumit dan luas. Sehingga dalam satu novel bisa menceritakan tentang persahabatan, keluarga, percintaan dan kisah hidup. Sedangkan dalam cerpen, memiliki tema yang sempit, sederhana dan mudah ditebak pembaca.

5. Konflik

Perbedaan yang terakhir, yaitu di dalam novel terdapat beberapa konflik yang dialami para tokoh. Sehingga saat membaca novel, emosi pembaca dibuat bercampur aduk sesuai dengan ceritanya. Sedangkan dalam cerpen hanya mengangkat satu konflik, yang diselesaikan dengan mudah oleh tokohnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading