Hubungan yang Sehat Ditandai dengan Adanya 3 Komponen Ini, Sudah Tahu?

Endah Wijayanti25 Agu 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 25 Agu 2021, 16:45 WIB
seribu cinta dan satu dekade

Fimela.com, Jakarta Dalam menjalin sebuah hubungan dengan seseorang yang kita cintai, pastinya kita berharap hubungan akan langgeng. Salah satu hal untuk memastikan hubungan bisa langgeng adalah hubungan yang dibangun tidak toxic. Penting untuk memiliki hubungan yang sehat agar ikatan bisa senantiasa terjaga dan langgeng seumur hidup.

Cuma sekarang pertanyaannya adalah hubungan yang sehat itu seperti apa? Well, melansir laman markmanson.net, hubungan yang sehat memiliki tiga komponen penting. Saat sebuah hubungan sudah memiliki tiga komponen ini, maka kita bisa lebih mudah memastikan hubungan bisa berjalan dengan lebih baik ke depannya. Selengkapnya, langsung saja simak di sini uraiannya ya.

1. Respek

Respek adalah komponen pertama yang perlu dimiliki untuk bisa membangun hubungan yang sehat. Saling menghargai satu sama lain menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah hubungan. Saat kita menghargai pasangan kita, kita bisa menerima kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula saat pasangan kita menghargai kita, kita akan bisa tetap merasa nyaman menjadi diri kita saat kita berada di dekatnya.

 

2. Rasa Percaya

seribu cinta dan mencintai sahabat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/vichie81

Rasa saling percaya juga sangat penting untuk dimiliki. Dengan saling percaya, kita tak saling curiga terhadap satu sama lain. Kalau ada yang melakukan kesalahan, kita percaya ada perbaikan yang akan dilakukan dan komunikasi dilakukan dengan saling terbuka dan jujur. Bahkan rasa saling percaya ini erat kaitannya dengan kejujuran. Hubungan yang dilandasi dengan kejujuran pastinya akan lebih nyaman untuk dijalani.

3. Kasih Sayang

Tanpa kasih sayang, hubungan yang sehat akan sulit untuk dibangun. Kasih sayang dalam sebuah hubungan yang sehat diberikan dan didapatkan tanpa banyak perhitungan. Kita tak perlu terus menerus menuntut pasangan untuk membuktikan cintanya, begitu pula dengan pasangan yang tidak menekan kita untuk selalu menunjukkan cinta. Dalam hal ini perlu ada ketulusan hati yang menyertainya.

Tiga komponen di atas bisa dibilangan adalah hal-hal paling dasar yang perlu dimiliki bila ingin membangun hubungan yang sehat. Jadi, apakah dalam hubunganmu, sudah ada tiga komponen di atas?

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela