Sukses

Lifestyle

Buruk bagi Psikologis, 4 Cara Menenangkan Diri Saat Overthinking

Fimela.com, Jakarta Overthinking bisa terjadi karena ada rasanya khawatir dan takut hal buruk akan terjadi. Bagi kamu yang sering overthinking, semua hal selalu dipikirkan terus menerus.

Prita Yulia Maharani, M.Psi., Psikolog, psikolog aplikasi Riliv menjelaskan bahwa overthinking adalah berpikir berlebihan. Prita juga mengatakan kalau ternyata banyak orang yang overthinking tidak menyadari kalau overthinking merupakan kebiasaan yang kurang baik.

“Sayangnya, banyak orang menganggap kalau overthinking merupakan kebiasaan baik yang bertujuan untuk berhati-hati sebelum mengambil keputusan. Padahal, terlalu sering berpikir berlebihan terutama untuk hal sepele bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan dan lama-kelamaan akan mengganggu aktivitas sehari-hari seperti jadi sulit tidur karena terus kepikiran," kata Prita Yulia Maharani, M.Psi., Psikolog.

Ketika kamu mulai merasa overthinking, lakukan beberapa hal berikut ini untuk membuatmu tetap tenang.

 

1. Berjalan kaki

Tahukah kamu kalau berjalan kaki selama 10 menit bisa membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang? Saat berjalan kaki, kamu akan fokus pada proses berjalan kaki, menghirup dan mengeluarkan napas, suara alam, dan pemandangan yang kamu lihat. Pikiran-pikiran buruk pun beralih menjadi fokus sensasi alam yang ada di sekitarmu.

2. Lakukan meditasi

Melakukan meditasi juga terbukti membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Terdapat banyak jenis meditasi yang bisa kamu coba, namun yang paling mudah dilakukan adalah meditasi pernapasan.

 

3. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik yang santai, tenang, atau mendengarkan suara alam juga bisa membantu kamu merasa lebih tenang. Silahkan pilih jenis musik yang sesuai dengan selera. Jangan mendengarkan musik yang galau atau mengandung unsur lirik yang sedih yang bisa membuat kamu semakin kepikiran.

4. Membaca buku

Membaca buku juga bisa membantu menenangkan hati dan pikiran. Namun, kamu perlu memperhatikan jenis bacaan yang akan dibaca. Kalau memilih membaca berita atau informasi yang cukup “berat” hingga membuat kamu berpikir secara mendalam dan bisa memicu perasaan cemas dan sedih, maka membaca malah membuat kamu semakin overthinking.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading