Sukses

Lifestyle

13 Rekomendasi Buku Filsafat untuk Belajar Berpikir Kritis

Fimela.com, Jakarta Filsafat adalah sebuah ilmu dasar yang berkaitan dengan eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran dan bahasa. Filsafat merupakan ilmu umum yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yang juga berkaitan dengan agama, politik, pendidikan, dan lain sebagainya.

Belajar tentang filsafat bisa membantumu untuk berpikir lebih kritis, bisa menyelesaikan sebuah masalah dengan baik, membuka cara pandang menjadi lebih luas, dan bisa mengontrol pikiran serta emosi sebelum melakukan sebuah tindakan.

Buku filsafat atau filosofi, ditulis dengan bahasa yang agak berat, yang berisi tentang pikiran-pikiran dan pendapat penulis maupun para ahli secara kritis. Berikut rekomendasi buku filsafat, yang dilansir dari berbagai sumber:

Rekomendasi Buku Filsafat

1. Loving The Wounded Soul

Rekomendasi buku filsafat yang pertama, yaitu buku dengan judul Loving The Wounded Soul, karya dari Regis Machdy. Buku ini ditulis berdasarkan dengan pengalaman penulis yang mengalami depresi. Dalam buku ini, kamu bisa memahami tentang arti depresi dan cara mengolah pikiran agar tidak depresi, dengan sudut pandang filsafat, ilmu kesehatan mental dan psikologi.

2. Filosofi Teras

Buku filsafat dengan judul Filosofi Teras, adalah buku karya Henry Manampiring yang best seller. Dengan membaca buku ini, kamu bisa belajar banyak hal untuk mengelola emosi negatif, menjadi mental yang tangguh untuk menghadai segala masalah kehidupan, menggunakan ilmu filsafat Stoisisme. Bahasa yang digunakan dalam buku ini sangat mudah untuk dipelajari para pembacanya, serta dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Suwung: Ajaran Rahasia Leluhur Jawa

Suwung: Ajaran Rahasia Leluhur Jawa adalah sebuah buku filsafat karya Setyo Hajar Dewantoro. Buku ini dapat mengajarkan kita untuk hidup tenteram, damai dan tetap tenang dalam menghadapi sebuah masalah, seperti kata suwung yang artinya kosong. Ada beberapa teknik meditasi yang diajarkan dalam buku ini, seperti meditasi air suci dan penyembuhan diri, agar kehidupan yang dijalani menjadi lebih bahagia.

Rekomendasi Buku Filsafat

4. The Passions of The Soul (Hasrat Jiwa)

Rekomendasi buku filsafat yang selanjutnya, yaitu buku The Passions of The Soul (Hasrat Jiwa) karya dari René Descartes, seorang filsuf dari Perancis. Buku ini mengajarkan tentang cara manusia mengolah pikiran, emosi dan jiwanya, untuk memecahkan masalah menggunakan teori filsafat, disertai dengan etika moral yang berguna untuk kehidupan sehari-hari yang lebih bahagia.

5. Filsafat Ilmu: Perspektif Barat & Islam

Buku berjudul Filsafat Ilmu: Perspektif Barat & Islam, adalah buku filsafat karangan Dr. Adian Husaini et al. Membaca buku filsafat ini, bisa membuat cara pandangmu menjadi lebih luas, dan memahami tentang fakta empiris dan memperdalam agama Islam. Karena penulis menggabungkan tentang perspektif Barat dengan ilmu ajaran agama Islam.

6. Politics

Buku filsafat dengan judul Politics, adalah buku karya Aristoteles tentang sudut pandang terhadap negara dan politik. Buku ini pertama kali dicetak tahun 1877, dan masih menjadi buku best seller di beberapa negara hingga saat ini. Isi buku ini berkaitan dengan konsep negara yang ideal, hubungan individu dengan negara, solusi tentang menjalankan negara, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Buku Filsafat

7. Introduction of Philosophy (Pengantar Filsafat)

Rekomendasi buku filsafat yang selanjutnya, yaitu buku Introduction of Philosophy (Pengantar Filsafat) karya dari George Stuart Fullerton, yang merupakan buku paling dasar untuk mempelajari ilmu filsafat. Buku ini biasanya dipelajari mahasiswa awal ajaran baru, untuk memahami tentang sudut pandang, tentang ilmu filsafat dasar, cara berpikir kritis, dan mengenal pendapat-pendapat para filsuf dari berbagai macam cabang filsafat.

8. Parabel Cervantes dan Don Quixote

Parabel Cervantes dan Don Quixote adalah buku novel, yang berisi tentang kisah mitologi, fantasi, dan filsafat. Sebenarnya buku ini berisi tentang kumpulan cerpen. Tetapi kumpulan cerpen yang terdapat dalam buku ini memiliki gagasan tersendiri dan isinya bisa membuat pembaca takjub.

9. Dunia Sophie

Dunia Sophie adalah novel yang berisi tentang filsafat, buku ini berisi tentang perjalanan mencari makna dan tujuan hidup. Buku filsafat ini sangat cocok dibaca untuk pembaca yang sedang mencari jati diri, dan mulai menghadapi kedewasaan. Karena buku ini sangat populer, maka buku Dunia Sophie diterjemahkan lebih dari 30 bahasa.

10. A History of Western Philosophy

A History of Western Philosophy adalah buku filsafat yang bisa membuat pembacanya berpikir kritis. Buku ini diterbitkan pertama kali di tahun 1946, yang berisi tentang sejarah filsafat kuno, Katholik dan modern. Buku ini mulai laris di abad ke 20, karena ada banyak pembahasan tentang sosial, politik, dan kemasyarakatan.

 

Rekomendasi Buku Filsafat

11. Beyond Good and Evil

Beyond Good and Evil adalah buku filsafat sastra karya Friedrich Nietzche, dan diterjemahkan dalama bahasa di seluruh dunia. Penulis menuliskan beberapa pandangan dan kritik yang bisa membuat pembaca berpikir kritis. Dalam buku ini juga ada pesan moral yang bisa dipelajari untuk pembacanya.

12. Sang Penguasa

Sang Penguasa adalah buku yang membahas tentang politik oleh seorang pegawai negeri dan teoretikus politik Firenze Niccolò Machiavelli. Buku ini memiliki judul asli De Principatibus (Tentang Kekuasaan), yang diterbitkan di tahun 1532. Dalam buku ini, terdapat pembelajaran tentang cara memperoleh, memperluas dan menggunakan kekuasaan.

13. Republik (Plato)

Buku Republik (Plato) adalah buku yang berisi tentang filsafat dan teori politik. Buku ini ditulis sejak 360 sebelum masehi, dan buku ini ditulis dalam format dialog Socrates. Ada banyak teori Yunani yang terdapat dalam buku ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading