Sukses

Lifestyle

Sosok Orang Terkaya di Nigeria yang Borong Mobil Buatan Indonesia

Fimela.com, Jakarta Aliko Dangote menjadi orang terkaya di Afrika, dengan kekayaan yang selalu meningkat dari USD 14,8 miliar (Rp 213 triliun) tahun lalu. Kini menjadi menjadi USD 17,8 miliar (Rp 256 triliun).

Menjadikan dirinya masuk ke dalam miliarder dunia tahun ini versi Bloomberg. Bahkan, sudah 8 tahun berturut-turut Dangote menjadi orang terkaya di Afrika. Dan menjadi satu-satunya orang Nigeria dalam daftar 120 miliarder dunia teratas.

Menariknya, pada tahun 2020 lalu Dangote memborong mobil buatan Indonesia sebanyak 10.000 unit. Mobil tersebut dikenal sebagai Alat Mekanis Multiguna.

Dangote telah menjadi pembisnis sejak usia muda yaitu 21 tahun. Ia mengendalikan Dangtoe Industrie yang berdiri sejak 1981.

Perusahaannya berbasis di Lagos, Nigeria ini memiliki produsen semen terbesar di Sub-Sahara Afrika, Dangote Cement.

Perusahaan semen tersebut membukukan laba bersih sebesar NGN 191,6 miliar (Rp 6,6 triliun). Dangote Industries juga menjalankan perdagangan gula, garam, pupuk dan makanan kemasan.

Dangote bercerita mengenai pengalaman masa mudanya, di mana ketika dia masih muda, dia membeli permen, memberikannya kepada orang lain untuk dijual, dan dia tetap mendapat untung.

3 orang Afrika yang masuk daftar orang terkaya

Aliko Dangote adalah satu-satunya orang Nigeria yang masuk dalam puncak tahunan daftar miliarder dunia versi Bloomberg. Sedangkan dari Afrika ada tiga orang yang masuk ke dalam daftar orang terkaya.

Mereka adalah Johann Rupert dengan kekayaan sebesar USD 10,1 miliar (Rp 145 triliun), Nicky Oppenheimer dengan kekayaan sebesar USD 7,8 miliar (Rp 112 triliun), dan Natie Kirsh dengan kekayaan sebesar USD 7,15 miliar (Rp 102 triliun).

Kemudian, Nassef Sawiris dari Mesir juga termasuk dalam daftar miliarder Afrika dengan kekayaan sebesar USD 6,93 miliar (Rp 99,6 triliun).

Melansir dari Forbes dan Vanguard, dari Liputan6.com, Bloomberg Billionaires Index adalah peringkat harian orang-orang terkaya di dunia.

Bloomberg berusaha untuk memberikan perhitungan paling transparan dan setiap profil miliarder dilengkapi dengan analisis terperinci terkait bagaimana kekayaan orang tersebut dihitung.

Indeks adalah ukuran dinamis kekayaan pribadi berdasarkan perubahan pasar, ekonomi, dan pelaporan Bloomberg. Kekayaan bersih akan diperbarui setiap hari kerja setelah penutupan perdagangan di New York.

Saham di perusahaan publik dinilai menggunakan harga penutupan terakhir saham. Valuasi akan dikonversi ke dolar AS dengan nilai tukar saat ini.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading